Mengenal RRI, Radio Perjuangan di Kota Pahlawan

loading...
Mengenal RRI, Radio Perjuangan di Kota Pahlawan
Dokumen foto sejarah hiasi kantor RRI Surabaya. Foto: Ist
SURABAYA - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) menapaki usia ke-75 tahun. Bukan usia muda tapi semangat memberikan informasi terus menggelora.

Sejarah mencatat bahwa RRI tidak hanya berperan menyampaikan berita atau informasi kepada rakyat Indonesia dan dunia, tetapi juga turut mengobarkan semangat revolusi kemerdekaan melalui siaran-siarannya.

Menurut Kepala Stasiun LPP RRI Surabaya, Sumarlina, kegigihan angkasawan angkasawati RRI di zaman perjuangan hingga sekarang ini menjadi bukti bahwa sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI hadir untuk masyarakat.

Ia juga menyebut peran para penyiar RRI waktu itu tidak bisa dianggap remeh. Kegigihan perjuangan juga diperlihatkan dalam semangat menyampaikan pesan kemerdekaan waktu itu.(Baca juga : Dihajar Jepang, Penyiar Proklamasi Itu Pincang Selamanya)



"Dulu Jepang dan Sekutu mengisolasi informasi, jadi pejuang RRI secara sembunyi-sembunyi bersiaran menyampaikan pesan kemerdekaan pada masyarakat Jatim," kata Sumarlina di peringatan hari Radio HUT RRI Ke-75, di Auditorium Bung Tomo RRI Surabaya, Jum'at (11/9/2020).

Sumarlina menambahkan semangat, konsistensi dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dari dulu sampai sekarang menjadi komitmen. Sebagai sabuk pengaman negara, RRI hadir tidak hanya melalui kanal informasi yang ada tapi memberikan verifikasi kabar dari berita-berita bohong (hoaks) yang marak akhir-akhir ini.

"Peran strategis RRI dulu hingga sekarang itu sebagai pengaman negara dan bangsa. Perannya mempertahankan negara melaluo informasi-informasi yang diberikan kepada bangsa, negara hingga luar negeri," terangnya.



Ia melanjutkan sejarah RRI Surabaya juga terukir di tugu peringatan yang tepat berdiri di depan gedung RRI Jalan Pemuda No. 82-90.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top