Melihat Aktivitas Ponpes SGJB Semarang di Tengah Pandemi

Kamis, 04 Juni 2020 - 10:30 WIB
loading...
A A A
"Penekanan pembelajaran bagi para santi di pondok pesantren ini pada penguatan aqidah akhlak Islam Ahlussunah wal Jamaah serta penguatan pendidikan bela negara," kata KH Muhammad Masroni, pengasuh Ponpes SGJBS.

Dia menambahkan, untuk aktivitas di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan pendidikan keterampilan lain seperti bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan perdagangan.

Namun di tengah pandemi COVID-19 , kegiatan pesantren di bulan Ramadhan menyesuaikan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. "Pada dasarnya kegiatan dalam Ramadhan tahun ini sedikit penyesuaian dengan peraturan pemerintah yang berlaku tapi kegiatan mengaji pada santri yang masih berada di pondok pesantren masih berjalan seperti biasa," katanya.

Menurut KH Masroni, pihaknya mengajak untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan dan keimanan pada bulan Ramadhan di tengah pandemi COVID-19 ini. Dia menyebutkan dalam Surat Albaqarah Juz 2 Ayat 183, bahwa orang yang berpuasa akan mendapat predikat bertakwa kepada Allah SWT, dengan dua syarat.

"Yang pertama adalah iman, iman yang sebenar-benarnya. Yang kedua adalah belajar mempelajari bahkan mencari perilaku tindak tanduk daripada pendahulu-pendahulu kita sehingga menemukan ketakwaan yang benar-benar taqwa, sehingga kita akan menemukan predikat takwa apa yang telah dijanjikan oleh Allah SWT," ujar mantan dosen di IAIN Syarif Hidayatullah ini.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)