Kota Solok Salurkan 200 Paket Sembako kepada Lansia

Rabu, 11 Maret 2020 - 12:57 WIB
Kota Solok Salurkan 200 Paket Sembako kepada Lansia
Kota Solok Salurkan 200 Paket Sembako kepada Lansia
A A A
SOLOK KOTA - Dinas Sosial Kota Solok menyalurkan sebanyak 200 paket beras dan sembako bantuan bahan pangan untuk lanjut usia miskin terlantar di halaman istana lansia Kota Solok, Selasa (10/3/2020).

Penyerahan bantuan dihadiri Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal mewaklili Wali Kota Solok, Kepala Dinas Sosial Zulfadli, OPD terkait, camat dan lurah se-Kota Solok.

Kota Solok dari tahun ke tahun selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada para lanjut usia. Salah satunya dengan adanya inovasi dari Dinas Sosial yang telah mendirikan tempat para lansia bisa menghabiskan masa tua dengan lebih terarah dan dapat mengisi hari-hari mereka serta banyak peluang untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Dalam sambutannya, Ketua pelaksana Zulfadli mengungkapkan tujuan kegiatan ini untuk melembaganya nilai sosial masyarakat dan menghargai keberadaan lansia, karena lansia pemersatu bangsa serta untuk meningkatkan kerjasama lintas sektoral dan lintas generasi, baik unsur pemerintah maupun unsur masyarakat.

Ia menjelaskan pada kesempatan ini jumlah lansia yang menerima bantuan tersebut sebanyak 100 orang lansia yang tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Solok. Paket bantuan bahan pangan yang diterima meliputi beras dan sembako senilai Rp250 ribu per paket dan akan diserahkan sekali saban bulan. Namun, untuk kali ini pemerintah daerah akan menyerahkan untuk dua bulan sekaligus, yaitu bulan Januari dan Februari.

Jefrizal berpesan agar lansia dapat mendukung terjadinya perubahan dan perilaku lansia untuk tetap sehat, mandiri dan produktif melalui berbagai hal seperti promosikan kesehatan dalam setiap siklus kehidupan, ciptakan lingkungan ramah lansia yang mendorong kesehatan dan partisipasi aktif lansia, sediakan layanan kesehatan yang ramah lansia, tingkatkan peran serta lansia dalam pembuatan kebijakan publik ramah lansia, pertimbangkan pandangan lansia dalam setiap pengambilan keputusan dalam pembangunan di setiap tingkatan, sadari nilai kearifan lansia dan bantu mereka berpartisipasi dalam keluarga dan masyarakat, meningkatkan aksesibilitas lanjut usia sehingga para lansia tidak selalu bergantung dan mengharapkan bantuan orang lain.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3779 seconds (0.1#10.140)