Daftar Hari Pertama, Santoso Yakin Menang Total di Kota Blitar

Jum'at, 04 September 2020 - 19:52 WIB
loading...
Daftar Hari Pertama, Santoso Yakin Menang Total di Kota Blitar
Pasangan bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Blitar, Santoso-Tjujuk Sunario saat mendaftar di KPU Kota Blitar, Jumat (4/9/2020). Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Pasangan Bakal Calon Wali Kota Blitar dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Blitar , Santoso-Tjutjuk Sunario resmi mendaftarkan diri ke KPU Kota Blitar , Jumat (4/9/2020). Penyerahan berkas administrasi bakal calon serta partai politik pengusung, yakni PDIP-Partai Gerindra, serta partai pendukung, memakan waktu kurang lebih tiga jam.

(Baca juga: 3 Anggota Sindikat Curanmor Asal Pasuruan Dibekuk Polda Jatim )

Santoso yang saat ini masih menjabat Wali Kota Blitar aktif mengatakan optimis meraup 75 persen suara di Pilkada 2020. "Kita tidak terlalu berangan angan, 75 persen (target kemenangan) sudah di atas kemenangan," ujar Santoso usai penyerahan berkas di KPU Kota Blitar , Jumat (4/9/2020). Pendaftaran pasangan Santoso-Tjujuk diiringi ratusan massa.

Karena situasi pandemi COVID-19, massa yang datang dari simpatisan PDIP dan Partai Gerindra (Partai Pengusung), kemudian partai pendukung, yakni PPP, Partai Demokrat, Partai Hanura, PBB, PSI, Partai Perindo serta Partai Garuda, mengenakan masker. Namun, dari pantauan SINDOnews.com, sebagian massa tidak mengindahkan protokol phyisical distancing. Mereka tetap berkerumun.

Sebelum datang ke KPU, pasangan yang mengusung tagline Satrio Keren lebih dulu menggelar deklarasi. Deklarasi sekaligus show of force kekuatan politik tersebut mengambil lokasi di jalan Sumatera, yakni sebelah selatan patung Bung Karno Kota Blitar. "Saya dan Pak Tjujuk mendapat dukungan sepenuhnya dari parpol pengusung dan pendukung. Terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh partai serta relawan," kata Santoso.

(Baca juga: Uang Rampokan Tertinggal, Perampok Sadis Pingsan di Polres Kobar )

Pendaftaran yang dilakukan pasangan Santoso-Tjutjuk merupakan yang pertama sejak KPU Kota Blitar membuka pendaftaran pasangan calon hingga dua hari ke depan. Menurut Santoso, usai penyerahan berkas pihaknya tinggal menunggu pemberitahuan dari KPU. "Biasanya setelah ini general check up. Pemeriksaan kesehatan yang biasanya dilakukan di RSU Syaiful Anwar Malang," kata Santoso.

Daftar Hari Pertama, Santoso Yakin Menang Total di Kota Blitar


Ketua KPU Kota Blitar , Chairul Umam mengatakan berkas persyaratan pendaftaran ada dua. Yakni berkas calon dan berkas pencalonan. "Sudah kita cek dan sesuai," ujar Chairul Umam. Proses verifikasi administrasi dimulai pada 4 - 9 September. Apakah sudah sesuai atau masih kurang, kata Chairul Umam akan menyampaikan ke pasangan calon bersangkutan.

Sementara itu pada waktu yang sama pasangan incumbent Kabupaten Blitar Rijanto-Marheinis Urip Widodo juga melakukan pendaftaran ke KPU Kabupaten Blitar . Sama dengan di Kota Blitar. Pendaftaran pasangan yang diusung enam partai, yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, Golkar, PPP dan Partai Demokrat tersebut juga diiringi ratusan massa simpatisan partai serta relawan.

(Baca juga: Dikejar Polisi, Buronan Sembunyi di Lemari Es Rumah Karaoke )

Menurut Ketua KPU Kabupaten Blitar , Hadi Santoso, berkas administrasi calon dan pencalonan telah diterima. Kendati demikian KPU masih akan melakukan verifikasi syarat calon. "Syarat calon akan diverifikasi dan disampaikan pada tanggal 13-14 September setelah pemeriksaan kesehatan," ujar Hadi Santoso.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1070 seconds (0.1#10.140)