Kinerja Baik BPKP Sulbar Nilai Inspektorat Pasangkayu Level Tiga

Jum'at, 10 Januari 2020 - 13:37 WIB
Kinerja Baik BPKP Sulbar Nilai Inspektorat Pasangkayu Level Tiga
Kinerja Baik BPKP Sulbar Nilai Inspektorat Pasangkayu Level Tiga
A A A
PASANGKAYU - Prestasi yang membanggakan kembali diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu atas pencapaian Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 3.

Kepala Inspektorat Kabupaten Pasangkayu H. Rahmat K. Turusi menjelaskan penilaian pencapaian APIP level 3 Inspektorat Kabupaten Pasangkayu diberikan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Barat, berdasarkan Surat BPKP No. LQAPIP- 356/PW32/6/2019, tanggal 13 Desember 2019, tentang Laporan Hasil Penjaminan Kualitas ( Quqlity assurance ) atas penilaian mandiri kapabilitas level 3 pada Inspekorat Kabupaten Pasangkayu.

"Alhamdulillah Pemkab Pasangkayu melalui Inspektorat mendapatkan penilaian Level 3 APIP dari BPKP Provinsi Sulawesi Barat, atas penilaian mandiri karena sistem dan aparatnya yang sudah berjalan dengan baik," jelas Rahmat kepada Sindonews, Kamis (9/1/2020).

Rahmat mengatakan penilaian yang diterima Pemkab Pasangkayu merupakan program pemerintah pusat dalam meningkatkan kinerja tata kelola keuangan dan pembangunan, agar dapat berjalan dengan baik. Dikatakannya, dalam penilaian yang dilakukan ada dua hal, yakni perbaikan sistem dan aparatnya kompeten.

Ia berharap ke depan Kabupaten Pasangkayu menjadi yang terbaik dari kabupaten lain di Provinsi Sulbar, dengan terus melakukan evaluasi sistem dan perbaikan aparat yang berkopeten hingga mencapat level 4.

Menanggapi penghargaan yang diberikan tersebut, Bupati Agus Ambo Djiwa secara terpisah kepada Sindonews menuturkan, penilaian yang diberikan BPKP untuk Inspektorat sebagai APIP atau pengawasan internal dan mendapatkan sertifikat level 3.

Menurut bupati dua periode ini, penghargaan yang diberikan merupakan penilaian yang sangat luar biasa, dan kedepan Inspektorat akan terus diperkuat, dengan memberikan pendidikan-pendidikan dan auditor.

“Karena pengendalian internal sangat penting, kedepan kita akan terus dukung Inspektorat sebagai fatner pemda untuk menjaga kualitas pekerjaan baik fisik maupun non fisik,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Agus mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPKP Sulbar yang selama ini terus memberikan bimbingan dan pendampingan serta dukungannya dalam melakukan pengawan interen, sehingga bisa meraih APIP Level 3.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1878 seconds (0.1#10.140)