Survei Pilgub Sumbar, Elektabilitas Mahyeldi-Vasco Capai 66,9%

Selasa, 22 Oktober 2024 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Dalam simulasi surat suara calon Gubernur Sumatera Barat, pasangan Mahyeldi Ansharullah-Vasco Ruseimy unggul dengan elektabilitas 70,3% mengalahkan pasangan Epyardi Asda - Ekos Albar dengan elektabilitas 16,8%.

Pangi mengungkapkan mayoritas responden adalah pemilih rasional dan pemilih psikologis yang menekankan pada kapasitas dan karakter personal kandidat.

Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah daerah sangat baik, sebagian besar masyarakat merasa puas terhadap kinerja gubernur-wakil gubernur saat ini.

“Mayoritas masyarakat masih sangat menginginkan Mahyeldi Anaharullah untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai gubernur Sumatera Barat untuk periode 2024-2029,” tegasnya.

Pangi menambahkan bahwa survei ini Survei dilakukan selama 10 hari, dari 07 – 16 Oktober 2024 dengan populasi adalah seluruh WNI yang berdomisili di provinsi Sumatera Barat dan mempunyai hak pilih (memiliki KTP), ketika survei ini dilaksanakan.

Sampel berasal dari 19 Kabupaten/kota di provinsi Sumatera Barat yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah penduduk.

Jumlah responden survei ini sebanyak 800 orang dengan proporsi (50:50) laki-laki dan Perempuan. Pengambilan Sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±3,47% Pada tingkat kepercayaan 95%.

Mengkonfirmasi ulang 20% dari total sampel secara random dengan cara mendatangi dan mewawancarai kembali responden terpilih oleh koordinator wilayah dan 10% oleh tim verifikator voxpol pusat dengan mewawancarai kembali responden melalui telepon untuk memastikan validasi data.

“Setiap responden terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang sudah terlatih dengan menggunakan aplikasi berbasis android, i-voxpol,” pungkasnya.

Pengamat Politik Universitas Andalas Aidinil Zetra mengatakan, mayoritas responden (63,7%) adalah pemilih rasional, disusul oleh pemilih Psikologis (16,3%) dan pemilih Sosiologis (14,3%).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)