Ribuan Warga Berebut 189 Nasi Tumpeng di Hari Jadi Kabupaten Purbalingga

Rabu, 18 Desember 2019 - 22:19 WIB
Ribuan Warga Berebut 189 Nasi Tumpeng di Hari Jadi Kabupaten Purbalingga
Ribuan Warga Berebut 189 Nasi Tumpeng di Hari Jadi Kabupaten Purbalingga
A A A
PURBALINGGA - Sebanyak 189 nasi tumpeng diperebutkan ribuan warga Purbalingga, Jawa tengah. Nasi tumpeng tersebut disediakan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi kebahagiaan di hari jadi ke 189 Kabupaten Purbalingga, Rabu (18/12/2019).

Ribuan warga Purbalingga, Jawa Tengah, tumpah ruah di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Sejak pagi, warga dari berbagai kecamatan, menghadiri pesta rakyat yang digelar pemerintah setempat. (Baca: 87 Kios di Pasar Runjang Purbalingga Dilalap si Jago Merah)

Dalam pesta rakyat itu, Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyuguhkan ratusan nasi tumpeng. Totalnya ada 189 nasi tumpeng sumbangan dari berbagai elemen masyarakat.

Sesuai rencana, ratusan nasi tumpeng akan dibagikan ke warga setelah didoakan bersama . Namun warga tidak sabar dan langsung berebut nasi tumpeng yang disajikan berjejer sepanjang 300 meter.

Ribuan warga, terdiri dari tukang becak, juru parkir, dan masyarakat berbaur bersama pejabat makan nasi tumpeng bersama.

Salah seorang warga, Sapar mengaku sangat senang bisa makan nasi tumpeng bersama di hari jadi Kabupaten Purbalingga. “Senang sekali bisa makan nasi tumpeng, saya sengaja membawa nasi dan lauknya agar bisa di makan bersama keluarga di rumah. Harapannya, Purbalingga semakin maju dan acara serupa bisa diagendakan tahun depan," timpalnya.

Bupati Purbalingga, Dyah hayuning Pratiwi disela – sela makan nasi tumpeng bersama warga menjelaskan, makan nasi tumpeng bersama digelar dalam rangkaian pesta rakyat memperingati hari jadi ke 189 Kabupaten Purbalingga.

“Bertepatan hari jadi, dilaksanakan kegiatan pahargyan agung di pendopo dan dilanjutkan kirab pusaka mengelilingi alun – alun. Setelah itu, dilanjutkan pesta rakyat makan tumpeng bersama untuk berbagi kebahagiaan dan syukuran kepada warga," kata dia.

Dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Purbalingga, lanjut bupati, selama sebulan digelar berbagai kegiatan. "Salah satunya pesta rakyat dengan makan bersama nasi tumpeng sebanyak 189 nasi tumpeng. Jumlah nasi tumpeng sesuai dengan usia Kabupaten Purbalingga yang sudah memasuki usia ke 189," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7790 seconds (0.1#10.140)