Sejarah dan Asal Usul Purbalingga, Sentra Produsen Knalpot Terbesar di Indonesia

Rabu, 05 Juli 2023 - 19:42 WIB
loading...
Sejarah dan Asal Usul Purbalingga, Sentra Produsen Knalpot Terbesar di Indonesia
Purbalingga dikenal sebagai Kota Knalpot karena berpotensi menjadi usaha unggulan di wilayah tersebut. Foto/ilustrasi/simhp.purbalinggakab
A A A
KABUPATEN Purbalingga merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini dikenal sebagai Kota Knalpot karena berpotensi menjadi usaha unggulan di wilayah tersebut.

Kabupaten Purbalingga konon katanya didirikan oleh Kyai Arsayuda yang dipercaya masyarakat setempat telah menurunkan para Bupati Purbalingga.



Sedangkan Kyai Arsayuda sendiri merupakan anak dari Kyai Arsantaka.

Sejarah dan Asal Usul Purbalingga

Dikutip dari laman resmi pemerintahannya, sejarah berdirinya Kabupaten Purbalingga tak lepas dari peranan Kyai Arsantaka. Putra dari Bupati Onje II ini dipercaya banyak melahirkan para tokoh-tokoh Bupati Purbalingga.

Tidak diketahui secara pasti kapan Kyai Arsantaka lahir. Namun sudah dewasa, ia lebih memilih untuk berkelana ke arah timur hingga sampai di suatu daerah yang bernama Desa Masaran.

Sesampainya di Desa Masaran, Kyai Arsantaka kemudian diangkat anak oleh Kyai Wanakusuma. Beliau adalah Kyai yang masih memiliki garis keturunan dengan Kyai Ageng Giring dari Mataram.



Pada tahun 1760-an, Kyai Arsantaka kemudian diangkat menjadi demang di Kademangan Pagendolan yang berada di bawah pemerintahan Karanglewas yang dipimpin oleh Tumenggung Dipayuda I.

Pada suatu ketika, terjadi perang saudara antara Pangeran Mangkubumi dan Pakubuwono II. Kala itu, Kyai Arsantaka lebih memihak kepada Pakubuwana II.

Berawal dari kejadian itu, Adipati Banyumas R Tumenggung Yudanegara mengangkat putra Kyai Arsantaka yang bernama Kyai Arsayuda menjadi menantu.

Seiring berjalannya waktu, Kyai Arsayuda pun menjadi Tumenggung Karanglewas dan bergelar Raden Tumenggung Dipayuda III.

Pada masa pemerintahan Kyai Arsayuda, pusat pemerintahan pun dipindahkan ke Desa Purbalingga dan diikuti dengan pembangunan pendopo kabupaten dan Alun-alun.

Melalui catatan Peraturan Daerah (Perda) No.15 tahun 1996 tanggal 19 November 1996, telah ditetapkan bahwa Hari Jadi Kabupaten Purbalingga adalah 18 Desember 1830 atau 3 Rajab 1246 Hijriyah.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)