Angka Kecelakaan Anak Tinggi, Ditjen Hubdar: Perlu Edukasi Sejak Usia Dini

Kamis, 27 Agustus 2020 - 11:39 WIB
loading...
A A A
Pandu menuturkan, keselamatan jalan sampai saat ini belum menjadi budaya di masyarakat. Untuk membentuk budaya perlu proses panjang dengan melakukan perubahan persepsi yang terus menerus kepada masyarakat tentang keselamatan.

Perubahan persepsi tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan dan sosialisasi sejak dini, sehingga keselamatan berlalu lintas bisa menjadi nilai- nilai kehidupan.

Edukasi sejak dini, tutur Pandu, menjadi penting, untuk membekali masyarakat akan pentingnya keselamatan di jalan. Untuk mengajak hal ini, Ditjen Hubdar Kemenhub menggelar bimbingan teknis (bimtek) kepada guru TK sehingga diharapkan bisa menyampaikan ke anak didik.

Selain itu, dilibatkannya Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud) yang diharapkan dapat menularkan kepada ibu-ibu PKK. Karena, ibu berperan dalam mengajari anaknya sesak kecil.

"Sebenarnya kami sudah buat materi (pelajaran tentang keselamatan berlalu lintas). Nanti kami sampaikan ke Diknas. Nanti bisa menjadi bahan bacaan atau materi guru. Jadi ini sebagai pendorong saja. Sehingga saat dewasa mereka sudah paham, dan pelanggaran lalu lintas diharapkan berkurang," tutur Pandu.
(awd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)