Kewalahan Padamkan Kebakaran di Hutan Gunung Ijen, BPBD Siapkan Tanggap Darurat

Senin, 21 Oktober 2019 - 15:36 WIB
Kewalahan Padamkan Kebakaran di Hutan Gunung Ijen, BPBD Siapkan Tanggap Darurat
Kewalahan Padamkan Kebakaran di Hutan Gunung Ijen, BPBD Siapkan Tanggap Darurat
A A A
BANYUWANGI - Kobaran api yang membakar semak dan pepohonan di Kawasan Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Kawah Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur hingga, Senin (21/10/2019) siang masih belum dapat dipadamkan. Petugas gabungan dan relawan yang dikerahkan tidak mampu menjinakan api akibat hembusan angin kencang dan semak berlukar serta pepohanan yang kering. Hal ini memicu api terus membesar dan merembet ke lokasi lain.

Kabag Kebencanaan BPBD Banyuwangi Eka Muharam mengatakan berdasarkan, data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyuwangi mencatat terjadinya kebakaran lahan dan hutan ini telah terjadi sejak Sabtu malam lalu yang diketahui ada dua titik sumber api berada di Gunung Rante yang merupakan hutan lindung dan satu titik api berada di lokasi Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Kawah Gunung Ijen.

“Sulitnya medan dan kencangnya angin membuat petugas gabungan tidak mampu menjinakan api yang terus membesar. Relawan dan Tim SAR Gabungan kesulitan memadamkan kobaran api yang membakar ilalang dan pohon karena masih menggunakan manual manusia,” kata dia.

Menurut dia, hingga Senin siang pihak terkait terus melakukan monitoring dan evaluasi menyikapi kebaran lahan dan hutan.

“Kemungkinan akan berstatus tanggap darurat bila penanganan secara manual api tidak kunjung bisa segera dipadamkan,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6696 seconds (0.1#10.140)