Kebakaran Hebat Landa Kawasan Hutan Lindung di Sikka

Rabu, 15 Juli 2020 - 03:29 WIB
loading...
Kebakaran Hebat Landa Kawasan Hutan Lindung di Sikka
Kebakaran hebat melanda hutan lindung di wilayah Kabupaten Sikka, NTT. Foto/iNews TV/Joni Nura
A A A
SIKKA - Kebakaran hebat melanda kawasan hutan lindung di Kabupaten Sikka, NTT. Area kebakaran diperkirakan mencapai sekitar 100 hektar. Hingga kini kobaran api masih sulit dipadamkan.

(Baca juga: UNS Tegaskan 25 Mahasiswa PPDS Positif COVID-19 Belum Diwisuda )

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta dibantu masyarakat, masih terus berupaya memadamkan kobaran api tersebut.

Kebakaran hebat ini melanda kawasan Hutan Lindung Egon Ilinmedo, yang masuk wilayah Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, NTT. "Hingga saat ini masih ada titik api yang menyala dan belum bisa kami padamkan," ujar Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Sikka, Hery Siswadi.

(Baca juga: Cinta Ditolak, Napi Asimilasi Bacok Wanita Idamannya )

Api dengan cepat membesar, karena kondisi di lokasi kebakaran banyak tanaman kering akibat kemarau. Upaya pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual, karena di lokasi kejadian sulit mendapatkan pasokan air. Petugas gabungan yang melakukan pemadaman juga dibuat kewalahan, karena kondisi medan yang berat berupa perbukitan terjal.

Kebakaran hebat yang melanda Hutan Lindung Egon Ilinmedo ini, diduga dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab yang nekat membakar rerumputan kering, sehingga api dengan cepat membesar hingga luasan kebakaran mencapai 100 hektar.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1075 seconds (0.1#10.140)