Bupati Suwirta Ingin Desa di Klungkung Menjadi Desa Mandiri

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:17 WIB
Bupati Suwirta Ingin Desa di Klungkung Menjadi Desa Mandiri
Bupati Suwirta Ingin Desa di Klungkung Menjadi Desa Mandiri
A A A
SEMARAPURA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berkeinginan kedepan desa di Klungkung bisa mengelola potensi secara mandiri melalui BUMDes di masing-masing desa. Hal itu disampaikan saat rapat dengan instansi terkait dengan agenda menggali potensi desa di ruang rapat Bupati Klungkunng, Rabu (16/10/2019).

Dalam rapat tersebut, Bupati berharap aparat Desa Dinas dan Desa Adat semakin meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah. Perbekel dan Bendesa diharapkan dapat menjadi satu kesatuan dalam hal membangun desa, sesuai dengan tupoksinya masing-masing dan secara proaktif mengusulkan proposal mengenai potensi desa dengan difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan. “Saya ingin kedepan desa dapat menjadi desa mandiri yang dapat mengelola potensi yang dimiliki dan Bumdes secara baik,” harap Suwirta.

Kedepan, Bupati berencana akan mengumpulkan aparat Desa Dinas dan Desa Adat untuk memberikan ruang terkait pengajuan skala prioritas pembangunan didesa, termasuk perencanaannya dengan konsep Bottom Up. Hal ini dilatarbelakangi karena ketika turun ke desa melalui Program Bedah Desa, banyak menemukan potensi yang ada di Desa. “Sekarang giliran aparat desa dinas maupun adat untuk mengajukan usulan ke Pemkab Klungkung mengenai skala Prioritas yang akan dibangun di desa tersebut,” tambah Bupati Suwirta.

Dalam rapat tersebut, Bupati juga menugaskan Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung untuk berkonsentrasi kepada pengembangan desa wisata, termasuk dalam hal membuat event yang mengangkat potensi Desa.

Turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Pariwisata I Nengah Sukasta, Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Camat Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, Camat Dawan AA Putra Wedana dan instansi terkait lainnya.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3835 seconds (0.1#10.140)