Terkait Bentrokan HMI dan Ampera, DPRD Tapsel Dorong Pembentukan Pansus

Kamis, 26 September 2019 - 15:45 WIB
Terkait Bentrokan HMI dan Ampera, DPRD Tapsel Dorong Pembentukan Pansus
Terkait Bentrokan HMI dan Ampera, DPRD Tapsel Dorong Pembentukan Pansus
A A A
TAPANULI SELATAN - Pimpinan sementara DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Husin Sogot Simatupang, akan mendorong pembentukan panitia khusus (pansus), terkait bentrok dua kelompok mahasiswa di depan kantor bupati beberapa minggu lalu.

Pernyataan dorongan pembentukan pansus itu diutarakan Sogot di depan puluhan massa yang menyatakan dirinya kelompok Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Tapsel. "Saya sangat menyayangkan adanya aksi tersebut," ujarnya kepada massa Lira yang sedang berunjuk rasa.

Namun, dalam bekerja nanti, DPRD harus mengacu kepada UU Nomor 23/2014, tentang Pemerintah Daerah. Menurutnya, dorongan pembentukan pansus itu tentu setelah ditetapkan pimpinan defenitif ketua dan wakil ketua DPRD Tapsel.

"Dilantik dulu ketua defenitif, setelah itu dibentuk alat kelengkapan DPRD seperti, komisi-komisi, banmus," tutur politisi asal Partai Gerindra itu.

Lebih lanjut kata dia, pansus itu bersifat ad hoc. Artinya, pansus terbentuk atas usulan dari fraksi-fraksi yang ada di DPRD Tapsel. Setelah itu, usulan tersebut akan diparipurnakan. "Setelah semuanya terbentuk nanti, tolong saya diingatkan agar sama sama kita kawal usulan pembentukan pansus," tegas Sogot.

Sebelumnya, puluhan massa dari Lira melakukan aksi unjuk rasa di depan Bupati Tapsel. Aksi tersebut meminta ketegasan orang nomor satu di daerah itu atas adanya peristiwa bentrokan HMI dan Ampera.

"Kami juga mendesak agar DPRD Tapsel agar segera membentuk pansus bentroknya dua kubu mahasiswa itu," tandas Bupati Lira Ramlan Raja Harahap ketika berorasi.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4461 seconds (0.1#10.140)