Kapal Legendaris Lancang Kuning Abad Ke-12 Ditemukan di Lagoi Bintan

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 17:36 WIB
loading...
A A A
Proyek penelitian ini merupakan bagian dari upaya pelestarian ilmu pembuatan kapal Indonesia yang terancam punah, yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Italia dan International Association of Mediterranean and Oriental Studies.



Penelitian ini melibatkan investigasi arkeologi yang menyeluruh, baik di bawah air maupun di darat. Proses penggalian dimulai di Pantai Mayang Sari, dekat area olahraga air pada 30 Juli 2024.

Alqiz, arkeolog dari BRIN menyatakan bahwa penelitian yang tengah berlangsung berhasil mengungkap bagian atas kapal tersebut.

"Kapal ini memiliki dimensi panjang sekitar 23,4 meter dan lebar 6 meter," ujarnya dikutip Sabtu (24/8/2024).

Selain itu, tim juga menemukan beberapa tembikar Cina, pecahan-pecahan tembikar, benda-benda kaca dan logam, serta benda berbentuk koin di lambung kapal.

Mengutip artikel jurnal penelitian yang ditulis oleh arkeolog Agni Mochtar, Nahar Cahyandaru, Chiara Zazzaro, dan Chiara Visconti pada Agustus 2023, tim gabungan dari Pusat Penelitian Arkeologi Lingkungan, Arkeologi Maritim dan Budaya Berkelanjutan BRIN dan University of Napoli L'Orientale memulai proyek penelitian bangkai kapal yang ditemukan pada tahun 2016 di salah satu pantai di Lagoi, Bintan.

Diketahui, perairan Bintan telah lama dikenal sebagai jalur pelayaran penting yang menghubungkan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Samudra Hindia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak bangkai kapal kuno yang ditemukan di sekitar wilayah ini, meski hanya sedikit yang diteliti secara mendalam.

Menurut penelitian sebelumnya, bangkai kapal ini berada dalam kondisi yang sangat baik di sebuah pantai yang secara lokal dikenal sebagai Pantai Lancang Kuning, dinamakan demikian karena keberadaan kapal tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)