alexametrics

Dukung Pariwisata, Imigrasi Manado Periksa Penumpang Pesawat dari China

loading...
Dukung Pariwisata, Imigrasi Manado Periksa Penumpang Pesawat dari China
Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado bekerja ekstra untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan pengawasan terhadap penumpang yang tiba dari luar negeri. Foto/Subhan Sabu
A+ A-
MANADO - Penumpang pesawat internasional yang masuk lewat Bandara Sam Ratulangi Manado mengalami peningkatan. Hal itu membuat petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado yang bertugas bekerja ekstra untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan pengawasan terhadap penumpang yang tiba dari luar negeri.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado Friece Sumolang mengatakan, hingga akhir Juli 2019 telah terjadwal 1.100 penerbangan yang diperiksa petugas Imigrasi. Angka itu naik hampir 6 persen dari jumlah penerbangan di periode yang sama tahun 2018 yakni 1.040 penerbangan.

"Seluruh penerbangan ini diperiksa oleh petugas Imigrasi yang selalu standby 24 jam melaksanakan tugasnya di Bandara Samrat sebagai bentuk dukungan terhadap program pariwisata yang dicanangkan Pemprov Sulawesi Utara," ujar Friece, Jumat (26/7/2019).



Pemeriksaan ketat juga diberlakukan terhadap penumpang dan kru pesawat Lion Air JT2754 dari Wuhan (WUH) yang mengangkut 200 pax warga negara China dan 11 kru WNI serta pesawat Lion Air JT2794 dari Nanjing (NKG) yang mengangkut 148 pax warga negara China dan 14 kru warga negara Indonesia yang datang Jumat 26 Juli 2019.

Keneth Rompas, Kepala Unit Imigrasi Bandara Sam Ratulangi menjelaskan kedua rute itu merupakan rute baru Scheduled Chartered dimana rute Wuhan berstatus Re-Operate dan rute Nanjing berstatus New Route.

"Selain itu terdapat 1 rute baru lainnya yang akan beroperasi bulan Juli ini yakni Zhengzhou yang berstatus Re-Operate," kata Kenneth.

Dengan penambahan 3 rute ini maka hingga akhir Juli terdapat 10 rute internasional yakni dari Guangzhou, Shanghai, Changsa, Tianjin, Xian, Wuhan, Zhengzhou dan Nanjing yang dilayani Lion Air serta Nanning (sriwijaya) dan Singapore (Silk air). (Baca Juga: Seorang WNA China Ditolak Masuk Manado karena Langgar Ketertiban)
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak