Rencana Pembangunan Lapas di Luwu Sudah Penuhi Syarat

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 15:48 WIB
loading...
Rencana Pembangunan Lapas di Luwu Sudah Penuhi Syarat
Peninjauan lokasi pembangunan lapas di Luwu. Saat ini persyaratan untuk pembangunan tersebut sudah memenuhi syarat yakni 3 hektar lahan. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu , sudah memenuhi persyaratan untuk pembangunan lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Belopa, yakni menyediakan lahan seluas 3 hektar.

Bupati Luwu , Basmin Mattayang bahkan berencana untuk menghadap ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan, pada Senin, (24/08/2020) mendatang saat Dirjen Lapas melakukan kunjungan kerja di Makassar.

Baca Juga: Berkah 1 Muharram, Syukur Bijak Serahkan 805 Sertifikat Gratis

Basmin mengatakan hal itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Kepala Bagian Program dan Kehumasan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhukam) Sulsel John Batara, dan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Palopo, Mildar, bulan Juli lalu.

"Lokasi kita sudah siapkan sesuai permintaan yang menjadi syarat lahan seluas 3 hektar," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, sesuai instruksi pada saat itu untuk segera menindak menyiapkan lahanya agar bisa dibangun.

"Insyallah jika tidak ada halangan, dalam kunjungan kerja Dirjen Pemasyarakatan di Makassar saya akan menghadap dan menyampaikan kesiapan kita," lanjutnya.

Rencananya, lokasi pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Luwu berada di Dusun Panilangkan Desa Balubu Kecamatan Belopa. Lokasi ini menurut tinjauan Kanwil Kemenkumham Sulsel 10 Juli 2020 lalu, dianggap memenuhi syarat geografis.

Untuk diketahui Kanwil Kemenkumham Sulsel John Batari, dalam kunjungannya beberapa waktu lalu menyampaikan terima kasih kepada Bupati Luwu yang sangat merespon rencana pembangunan Lapas Kelas II di Kabupaten Luwu.

Menurut Basmin Mattayang rencana pembangunan Lapas di Luwu, perlu ditanggapi secara serius karena menyangkut kepentingan masyarakat Luwu sendiri.

"Bisa kita bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ada warga Luwu ingin membesuk keluarganya di lapas yang lokasinya di Palopo saat ini," ujarnya.

Bupati Luwu berharap, pembangunan lapas Kelas II Kabupaten Luwu bisa dimulai pada awal tahun 2021 mendatang. "Segala syarat kita penuhi termasuk lahan sudah siap. Kita berharap pembangunannya sudah bisa dilaksanakan tahun 2021 mendatang," tandasnya.

Baca Juga: Basmin Mattayang Ajak Warga Luwu Bersatu Lawan COVID-19
(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3199 seconds (10.101#12.26)