Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Kali Ini Disertai Semburan Lava Pijar

Minggu, 09 Juni 2024 - 20:02 WIB
loading...
Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Kali Ini Disertai Semburan Lava Pijar
Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali erupsi, Minggu (9/6/2024) malam. Foto/PVMBG
A A A
FLORES TIMUR - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali erupsi, Minggu (9/6/2024) malam. Kali ini, letusan Gunung Lewotobi Laki-laki disertai strombolian atau semburan lava pijar dari pusat erupsi.

Erupsi ini dilaporkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera. Tinggi kolom abu teramati sekitar 1.100 meter di atas puncak atau sekitar 2.684 meter di atas permukaan laut.

“Telah terjadi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, NTT, pada tanggal 9 Juni 2024 pukul 18:43 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.100 m di atas puncak (± 2.684 m di atas permukaan laut),” keterangan tertulis PVMBG PGA Lewotobi Laki-laki.



Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 43.6 mm dan durasi ± 14 menit 43 detik.

“Teramati letusan dengan strombolian. Saat ini Gunung Lewotobi Laki-laki berada pada Status Level II Waspada,” kata PVMBG PGA Lewotobi Laki-laki.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 KM dari pusat erupsi serta sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 KM pada sektor Timur Laut.



Masyarakat juga diminta agar tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat juga diminta mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)
pixels