Peringatan Hari Tempe Nasional di Balikpapan, Akmal Malik: Jadikan Panganan Generasi Emas!

Kamis, 06 Juni 2024 - 20:15 WIB
loading...
A A A
Hari Tempe Nasional yang dirayakan pada tanggal 6 Juni ini sejak tahun 2014 untuk kali pertama diselenggarakan di luar pulau Jawa. Balikpapan menjadi istimewa memang salah satu Pemerintah Kota yang menyiapkan area khusus seluas 9 hektare untuk sentra industri kecil.

Bukan hanya melokalisir area, tapi infrastruktur pendukung disiapkan dan memperhatikan konsep industri yang berkelanjutan (sustainability), baik pengolahan limbah dan fasilitas pendukung lainnya. 100 pengrajin Tempe & Tahu tercatat berproduksi di SIK Somber ini.

Kepala Dinas KUMKMP Kota Balikpapan Ressandy Kesuma mengatakan, saat ini hampir 100 perajin bisa dipusatkan di sini. ”Walaupun masih ada 15% perencanaan yang belum selesai, tapi kami terus berusaha menyelesaikan terutama untuk pengolahan Limbah.” Katanya.

Lebih dari 200 anak-anak sekolah dasar dari Kota Balikpapan juga ikut serta dalam perayaan hari ini, mereka diberikan edukasi dengan melihat langsung proses produksi tempe, pengolahan limbah hingga diajarkan pentingnya sustainability atau keberlanjutan.

Mereka juga mendapatkan kesempatan membuat Tempe sendiri secara instan oleh instruktur dari Tempeland yang memberikan paket dan panduan pembuatan tempe sebagai edukasi dan pengalaman mendekatkan generasi emas dengan Tempe.

Sekjen Forum Tempe Indonesia Muhammad Ridha berharap seluruh dukungan masyarakat agar Tempe terus lestari dan semakin mendunia.

“Sebelum nanti Tempe akan mendunia, kami mencanangkan Tempe sebagai Pangan Generasi Emas Indonesia untuk mengangkat kembali tempe dimata generasi muda. Tempe warisan budaya yang diwariskan nenek moyang menjadi kebanggan bangsa dan mendunia” katanya.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7054 seconds (0.1#10.140)
pixels