Replika Balla Lompoa di Afrika Selatan Akan Jadi Pusat Kajian Islam

Kamis, 20 Agustus 2020 - 16:19 WIB
loading...
A A A
"Semoga ini menjadi kebanggaan kita. Jadi saya mohon doa dari kita semua agar kita diberi kelancaran untuk membangun sehingga ini memperkokoh ketokohan Syekh Yusuf di Cape Town Afrika Selatan," harapnya.

Sementara itu, Ketua DMI Pusat, Jusuf Kalla saat membuka seminar tersebut, menyambut baik rencana pemerintah Kabupaten Gowa untuk membangun Balla Lompoa di area makam Syekh Yusuf.

Selain itu, JK juga menyampaikan, sosok Tuanta Salamaka Syekh Yusuf tidak hanya dikenal sebagai ulama. Tetapi Syekh Yusuf juga dikenal sebagai pahlawan sekaligus panglima perang.

Syekh Yusuf ini memiliki sejumlah keistimewaan. Beliau ini bukan hanya sebagai ulama tetapi juga pahlawan, nama orang tuanya sama orang tua Rasulullah yaitu Aminah dan Abdullah.



"Dari segi sejarah nasional dia megabdi dua kesultanan yaitu Gowa dan Banten, yang paling penting adalah walaupun perjuangan selalu banyak halangan tapi beliau tidak pernah kecewa atau takut walaupun dipenjarakan diasingkan tapi beliau tetap berdakwah," tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam sambutannya berharap momentum ini untuk terus mengingat dan mengenang perjuangan Syekh Yusuf. Apalagi saat ini masih dalam nuansa memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Semangat Syekh Yusuf buka hanya pendakwah tapi ia juga sebagai pahlawan penentang penjajahan, semangatnya ini tidak boleh kita lupakan ini harus menjadi contoh," harapnya.
(luq)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)