Pakar Bahasa Unimed: Bobby Memiliki Penuturan Bahasa Mudah Dimengerti dan Tipe Pekerja

Kamis, 20 Agustus 2020 - 13:53 WIB
loading...
Pakar Bahasa Unimed: Bobby Memiliki Penuturan Bahasa Mudah Dimengerti dan Tipe Pekerja
Pakar Bahasa Universitas Negeri Medan (Unimed ) Suyadi San menilai bakal calon (balon) wali kota Bobby Afif Nasution memiliki penuturan bahasa yang lugas mudah dimengerti. (Foto/SINDOnews/Sartana)
A A A
MEDAN - Pakar Bahasa Universitas Negeri Medan (Unimed ) Suyadi San menilai bakal calon (balon) wali kota Bobby Afif Nasution memiliki penuturan bahasa yang lugas mudah dimengerti dan merupakan seorangtipe pekerja.

Penilaian itu muncul setelah memastikan dukungan dari PDI Perjuangan sepekan lalu, Bobby Afif Nasution menggelar pidato resmi yang viral via daring.

Dalam video berdurasi dua menit itu, Bobby tampak berseragam PDI-P dengan warna khas merah menyala.

Suyadi San mengatakan, bahasa Bobby dalam pidato tersebut sangat normatif. "Kalimat tersusun rapi. Sikapnya tenang. Tidak berapi-api. Pengucapan konsep Medan Berkah masih terlihat datar," kata Suyadi San, Rabu (18/8/2020) malam.

Apakah makna dari pidato Bobby sampai kepada pendengarnya?"Sampai. Dan, mudah dipahami. Bahasanya lugas. Tidak bertele-tele," tutur Suyadi San. (BACA JUGA: Obama: Trump Tak Layak, Biden Akan Jaga Demokrasi AS)

Mantan jurnalis ini menekankan, bahasa menunjukkan latar belakang penuturnya. "Politikus terbiasa bermain kata. Pengusaha terbiasa kerja. Tampaknya, si penutur (Bobby) ini bukan tipe politikus, tapi pekerja; sehingga kalimat yg muncul terlihat apa adanya," sambung pemimpin Sanggar Teater Generasi Medan ini.

Dari analisisnya, kalimat yang disampaikan Bobby bisa diambil kesimpulan bahwa ada nada keseriusan dalam tekad.

"Oya, tekanan dinamik, aksentuasi dan lagu kalimat menunjukkan vitalitas berbahasa. Mungkin ini bukti kebulatan tekad untuk menunjukkan diri si penutur ingin bersungguh-sungguh berbuat," beber Suyadi.

Ke depan, Suyadi berpesan agar kesantunan berbicara yang melekat pada diri Bobby bisa dipertahankan. "Bahasa adalah lambang berpikir. Kesantunan diri akan terlihat dari kesantunan berbahasa. Teruslah berbahasa santun kepada lawan atau mitra bicara," pesan Suyadi San.

Pada pidato tersebut, Bobby mengucapkan terimakasih kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang telah memberi kepercayaan kepadanya dan Aulia Rahman untuk maju di Pilkada Medan. (BACA JUGA: Bayern dan PSG Bentrok di Final Liga Champions, Jaminan Lahirnya Sejarah)

Sementara Bobby mengatakan, Pilkada kali ini akan berbeda karena digelar di tengah pandemi Covid-19. Dan tentu saja Bobby mengajak semua pihak untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

Menantu Presiden Joko Widodo itu juga mengatakan bahwa konsep Kolaborasi Medan Berkah yang diusungnya terinspirasi dari semangat gotong royong ala Bung Karno.

"Semangat kolaborasi ini akan kami jadikan penguatan bagi seluruh partai untuk menciptakan New Medan," tandasnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)