Gubernur Sulut Olly Dondokambey Beri Asuransi Bagi Petani dan Peternak

Kamis, 20 Agustus 2020 - 07:23 WIB
loading...
Gubernur Sulut Olly Dondokambey Beri Asuransi Bagi Petani dan Peternak
Gubernur Sulut Olly Dondokambey Beri Asuransi Bagi Petani dan Peternak. Foto/SINDOnews/Subhan
A A A
MINSEL - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berikan asuransi bagi petani dan peternak di Sulut.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri panen semangka sebagai bagian dari gerakan Mari Jo Ba Kobong di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Dalam kegiatan hasil kerjasama Pemprov Sulut bersama Kementerian Pertanian RI dan pihak Asuransi Jasindo ini, Olly menyampaikan kabar baik bahwa pemerintah menyiapkan asuransi untuk melindungi aset petani dan peternak di Sulut.

Asuransi yang diberikan untuk usaha tani di 10 kabupaten dan kota dan usaha ternak pada empat kabupaten dan kota di Sulut ini dikhususkan bilamana terjadi gagal panen dan ternak mati.

“Kalau petani dan peternak rugi, torang (kami) bayar,” kata Olly, Rabu (19/8/2020).

Ia menuturkan bahwa pada tahap awal ini baru tanaman jenis padi yang dicover dengan asuransi pertanian.

Berikutnya, tanaman jagung. Sementara premi asuransi saat ini diberikan bagi 3.000 hektar lahan pertanian padi di 10 kabupaten dan kota di Sulut.

Manajer Jasindo Sulut, Saut Tarida Hasiholan menerangkan bahwa bantuan premi ini ditalangi 80% oleh Kementerian Pertanian, 20% sisanya ditanggung Pemprov Sulut.

“Preminya perhektare lahan sebesar Rp 180 ribu untuk satu musim tanam. Jika gagal panen karena kekeringan, banjir, hama atau penyakit, maka akan diberikan ganti rugi,” kata Hasiholan.

Diketahui, untuk setiap hektare lahan yang mengalami gagal panen akan diganti melalui asuransi sebesar Rp6 juta. Sementara untuk Minsel, terdapat 95 hektare lahan milik 102 petani yang dicover asuransi pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)