alexametrics

Update Korban Tambang Emas Runtuh: 6 Tewas dan 19 Pekerja Selamat

loading...
Update Korban Tambang Emas Runtuh: 6 Tewas dan 19 Pekerja Selamat
Tim penyelamat kembali mengevakuasi dua korban tewas akibat tambang emas yang runtuh di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (28/2/2019) pagi. Foto/Istimewa
A+ A-
BOLAANG MONGONDOW - Tim penyelamat kembali mengevakuasi dua korban tewas akibat tambang emas yang runtuh di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (28/2/2019) pagi.

“Sampai pukul 03.30 Wita, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 2 korban lagi yang kondisinya telah meninggal dunia. Total jumlah korban yang sudah dievakuasi sebanyak 25 orang, sedangkan 6 orang meninggal dunia dan 19 selamat,” kata Humas SAR Manado, Fery Ari Yanto.

Fery menambahkan, Deputi Operasi Basarnas Nugroho Budi Wiryanto yang baru tiba tadi malam langsung menuju lokasi tambang untuk melihat langsung proses evakuasi. (Baca juga; Tambang Emas Ambruk, Satu Tewas dan 60 Penambang Masih Terjebak Dalam Lubang)



Sementara itu, terkait musibah tanah longsor yang terjadi di lokasi tambang emas rakyat Desa Bakan (Super Busa), Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa 26 Februari 2019, aparat kepolisian juga langsung bergerak cepat.

Kapolres Kotamobagu AKBP Gani F Siahaan bersama 60 anggota polres ditambah 30 pasukan Brimob langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi bersama TNI, Basarnas, PMI dan warga sekitar.

Dihubungi terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo menyampaikan keprihatinannya atas musibah tersebut dan turut berduka cita atas korban meninggal dunia.

“Kita prihatin dengan kondisi yang terjadi di seputaran lokasi tambang. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan evakuasi terhadap para korban, apalagi mengingat di dalamnya masih banyak korban,” katanya.

Dia juga mengatakan, Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto telah menginstruksikan agar jajarannya mulai dari Polres Kotamobagu, Brimob, Samapta dan Dokkes (Tim DVI) agar turun melakukan bantuan dan evakuasi. “Segala upaya dari Kepolisian akan dilakukan secara optimal dari pengerahan personel maupun peralatan yang kita miliki,” ujarnya.

Disamping personel Polres dan Brimob yang sudah berada di lokasi, Polda Sulut juga telah mengirimkan Tim Sar Samapta dan Unit K-9 berjumlah 10 orang dipimpin kasubdit Gasum Sabhara. (Baca juga; 23 Orang Berhasil Dievakuasi, 37 Masih Tertimbun Longsor di Lokasi Tambang Emas)
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak