alexametrics

Gedung Rektorat Kampus Undar Jombang Terbakar Hebat

loading...
Gedung Rektorat Kampus Undar Jombang Terbakar Hebat
Api melahap lantai dua dan tiga Gedung FKIP dan ruang rektorat kampus Undar, Jombang, Senin (3/12/2018) malam. FOTO/SINDOnews/TRITUS JULAN
A+ A-
JOMBANG - Kebakaran hebat menimpa Gedung Rektorat Kampus Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur, Senin (3/12/2018) malam. Sejumlah ruangan di lantai dua dan tiga gedung kampus tertua di Jombang itu luluh lantak dilalap si jago merah.

Informasi yang dihimpun, kebakaran kali pertama terjadi sekitar pukul 18.05 WIB. Api muncul pertama di lantai dua gedung FKIP, yang juga merupakan gedung rektorat dan sekretariat. Api terus menjalar hingga menghabiskan beberapa ruangan di lantai dua dan tiga. Selain ruang rektorat, api juga melalap beberapa ruangan yang biasa digunakan untuk perkualiahan.

Dua mobil PMK yang diterjunkan tak sanggup menyelamatkan bangunan di lantai dua dan tiga. Tak hanya itu, delapan tangki air bantuan BPBD Pemkab Jombang dan satu unit mobil water canon milik polisi diterjunkan untuk pemadaman. Hingga berita ini ditulis, belum bisa dipastikan berapa lokal bangunan yang terbakar.



Wakil Dekan III Fakultas Hukum Kampus Undar, Muhammad Lutfi mengatakan, ia tak mengetahui persis awal mula kebakaran. Ia mendapatkan informasi jika kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB melalui aplikasi pesan WhatsApp dari salah satu dosen di kampusnya. "Yang terbakar merupakan gedung rektorat, sekretrariat dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)," kata Lutfi.

Menurutnya, ruang yang terbakar salah satunya juga untuk perkuliahan. Namun, ia tak mengetahui secara pasti apakah kebakaran itu terjadi saat ada perkuliahan di FKIP ini. "Kita masih belum mengetahui apakah tadi ada perkuliahan serta berapa ruang dan apa saja yang terbakar. Masih menunggu pemadaman selesai," katanya.

Sementara dari keterangan kepolisian, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.15 WIB. Api pertama kali muncul dari ruangan bagian barat lantai dua FKIP. Lalu, api merembet ke gedung lainnya hingga seluruh ruangan di lantai dua dan tiga ikut terbakar. "Kami pertama kali yang melakukan pemadaman," kata Kabag Ops Polres Jombang Kompol Kusen Hidayat.

Soal penyebab kebakaran, polisi masih belum bisa memastikan. Saat ini, polisi berupaya untuk melakukan pemadaman dan melokalisasi agar api tak menjalar di gedung lainnya. "Kita nanti akan meminta keterangan dari saksi dan mengumpulkan barang bukti. Baru nanti akan diteliti dan disimpulkan penyebabnya," katanya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak