Ini Motif Adik Bakar Rumah yang Dihuni Kakak Kandungnya di Malang

Rabu, 14 Juni 2023 - 00:17 WIB
loading...
Ini Motif Adik Bakar Rumah yang Dihuni Kakak Kandungnya di Malang
Polisi membenarkan kebakaran menghanguskan dua rumah di Desa Bakalan, Bululawang, Kabupaten Malang diduga dibakar seseorang. (Ist)
A A A
MALANG - Polisi membenarkan kebakaran menghanguskan dua rumah di Desa Bakalan, Bululawang, Kabupaten Malang diduga dibakar seseorang. Pelaku pembakaran tak lain masih memiliki hubungan keluarga dengan salah satu korban bernama Wahyu.

Kapolsek Bululawang Kompol Ainun Djariyah membenarkan, bila kebakaran yang menghanguskan rumah milik Wahyu dan Rianto di Dusun Bakalan RT 3/ RW 2 Desa Bakalan, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, diduga dibakar adik kandung korban sendiri. Kejadian berawal dari kekesalan pelaku terhadap korban bernama Wahyu, yang tak lain kakak kandungnya sendiri.

"Awal mulanya diduga pelaku kesal terhadap korban, korban diduga telah menguasai rumah milik orang tuannya, sedangkan diduga pelaku sebagai adik kandung korban merasa dianaktirikan oleh korban," ucap Ainun Djariyah dikonfirmasi pada Selasa malam (13/6/2023).

Dari kekesalan itu pelaku bernama Zainal Alamsyah (32) warga Dusun Pesantren RT 2 RW 3 Desa Bakalan, Kecamatan Bululawang, Malang, ia berniat membakar rumah milik orang tuanya yang dikuasai korban bernama Wahyu. Pihaknya memastikan keduanya merupakan saudara, dimana antara korban dan pelaku merupakan kakak beradik.

"Niat untuk membakar rumah tersebut dengan maksud biar tidak saling memiliki, (hubungan keduanya dipastikan) baik diduga pelaku dengan korban tidak lain kakak kandungnya sendiri," ungkapnya.

Selanjutnya niat tersebut dilakukan oleh Zainal dengan cara membakar dekorasi stereo foam milik Andi yang tersimpan di sebuah gudang tak jauh dari rumah milik Wahyu dan Rianto. Akhirnya Zainal langsung menyalakan api dari stereo foam milik Andi, di samping rumah milik kakak kandungnya.

"Setelah dia duga pelaku membakar dekorasi tersebut, tanpa pikir panjang diduga pelaku menunggui di dekat kobaran api tersebut, dengan maksud akan mematikan jika kobaran api menjalar ke tempat orang lain," paparnya.

Tetapi aksi Zainal itu keburu diketahui warga dan membuatnya langsung diamankan serta dibawa ke salah satu rumah perangkat desa setempat. Di sisi lain, api yang membesar akhirnya serta menghanguskan dua rumah yang bersebelahan tersebut.

"Saat petugas datang ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan diduga pelaku diamankan ke Polsek," tuturnya.

Baca: 2 Rumah di Malang Ludes Dilalap Api, Diduga Dibakar Adik Kandung Korban.

Setelah berjuang hampir satu jam lebih, Ainun memastikan api berhasil dipadamkan. Api berhasil dipadamkan setelah empat unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Kabupaten Malang dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Pelaku sudah diamankan, kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk kerugian material selain dua rumah, ada lima BPKB milik Rianto, satu sepeda motor milik Rianto, uang Rp 15 juta milik Rianto, dan sejumlah peralatan rumah tangga milik kedua korban," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0992 seconds (0.1#10.140)