HUT Kemerdekaan RI, PDIP Surabaya Ziarah Pahlawan dan Beri Penghargaan Veteran

Senin, 17 Agustus 2020 - 14:05 WIB
loading...
HUT Kemerdekaan RI, PDIP Surabaya Ziarah Pahlawan dan Beri Penghargaan Veteran
Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono (tengah) saat ziarah ke makam pahlawan.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - DPC PDIP Kota Surabaya menggeber sejumlah agenda penting untuk menyambut peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-75, mulai dari ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan hingga memberi penghargaan ke para veteran.

Hari ini, Senin (17/8/2020) kader-kader dan pengurus PDIP di Surabaya mengikuti upacara detik-detik Proklamasi dan pengibaran bendera Sang Merah Putih dari Istana Negara yang dipimpin Presiden Joko Widodo, yang disiarkan melalui televisi.

“Kader dan pengurus PDIP Surabaya melakukan penghormatan bendera Merah Putih pada pukul 10.17 WIB,” kata Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, Senin (17/8/2020).

(Baca juga: PDIP Belum Umumkan Rekom untuk Pilwali Surabaya, Ini Kata Pengamat )

Ketua DPRD Kota Surabaya ini juga mengikuti upacara virtual dari Balai Kota Surabaya bersama Wali Kota Tri Rismaharini, Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya.

Sebelumnya, Minggu (16/8/2020), kader PDIP Surabaya berziarah dan melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa. Kemudian, berlanjut ke Makam WR Supratman, pencipta Lagu Indonesia Raya, yang peresmian pemugaran makamnya dilakukan Presiden Megawati Soekarnoputri pada 18 Mei 2003.

(Baca jugaa: Anak Risma Maju Pilwali, Pengamat: Inginkan Keberuntungan Seperti Gibran di Solo )

”Peringatan kemerdekaan yang ke-75, menjadi momentum bagi kita untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Bagi negara dan bangsa yang diperjuangkan dengan nyawa dan air mata oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan jutaan pahlawan,” ujar Adi.

Ziarah kemudian berlanjut ke makam para pejuang PDIP di Surabaya. Antara lain, Ir. Sutjipto, Ibu Sudjamik, dan L. Soepomo di TPU Keputih. Menurut Adi, para pejuang partai tersebut telah memberi teladan perjuangan yang gigih mewujudkan demokrasi di tanah air.

”Beliau-beliau adalah pejuang partai yang setia sampai akhir kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, sejak Kongres Luar Biasa PDI 1993, hingga melewati masa-masa sulit. Kemudian, menegakkan PDIP. Sehingga menjadi kokoh dan kuat. Beliau-beliau adalah pejuang partai yang berada di garis," tandas Adi.

Pada Minggu malam (16/8/2020), PDIP Surabaya juga memberikan penghargaan 17 veteran dan warakawuri (janda para pejuang perang). ”Kita berdosa jika tidak melanjutkan perjuangan para pahlawan, para pejuang, para veteran, dan mengkhidmati keteguhan para warakuwuri melewati masa-masa sulit dengan kesabaran revolusioner,” papar Adi.

Oleh sebab itu, PDIP Surabaya terus menggeber program-program konkrit yang membantu rakyat menghadapi pandemi. Partai berlambang banteng moncong putih itu juga menggelar tasyakuran kemerdekaan dan doa bersama para pemuka lintas agama di kantor PDIP Surabaya. "Semoga Kota Surabaya semakin maju dan terus menjadi rumah besar yang ramah bagi seluruh warganya,” pungkas Adi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3988 seconds (0.1#10.140)