Anak Risma Maju Pilwali, Pengamat: Inginkan Keberuntungan Seperti Gibran di Solo

Senin, 17 Agustus 2020 - 13:29 WIB
loading...
Anak Risma Maju Pilwali, Pengamat: Inginkan Keberuntungan Seperti Gibran di Solo
Fuad Bernardi saat konferensi pers yang menyatakan dirinya siap maju Pilwali Surabaya 2020.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Bursa calon wali kota Surabaya semakin ramai setelah nama putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Fuad Bernardi, muncul. Fuad yang juga kader PDI Perjuangan mengaku siap maju di Pilwali Surabaya jika direkomendasikan partai.

Menyikapi hal tersebut, pengamat politik, Surokim Abdussalam mengatakan, munculnya nama Fuad Bernardi menjelang pendaftaran pasangan calon di Pilwali Surabaya hanya bersifat spekulatif.

(Baca juga: Tiba-tiba Konferensi Pers, Putra Sulung Tri Rismaharini Siap Maju Pilwali )

Sebab, Ketua Karang Taruna Surabaya itu tidak ikut dalam penjaringan calon yang digelar PDIP Surabaya. “Saya juga melihat mas Fuad mencoba mengambil peruntungan dari apa yang terjadi di Solo (PDIP mengusung Gibran Rakabuming) dan Medan (PDIP mengusung Bobby Nasution). Sebab, waktunya terlalu mendadak dan mengagetkan,” katanya, Senin (17/8/2020).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini juga menilai bahwa, ada dua hal yang menjadi nilai lebih dari sosok Fuad. Pertama berasal dari kalangan milenial. Kedua, putra dari Risma, sapaan karib Tri Rismaharini.

Sedangkan dari sisi rekam jejak di birokrasi maupun politik hampir tidak ada. Fuad hanya berkecimpung di Karang Taruna. “Fuad itu kader PDIP di level menengah. Sepertinya dia ingin menyodok ke level atas,” tandas Surokim.

(Baca juga: PKB Siap Usung Gus Ipul-Adi Wibowo di Pilwali Pasuruan )

Yang juga perlu menjadi perhatian, kata dia, Risma sangat hati-hati dalam melibatkan keluarganya untuk berpolitik. Termasuk anaknya sendiri. Sehingga, dia menduga Fuad Bernardi kecil kemungkinan akan mendapat restu dari ibunya, yakni Risma.

Padahal diduga kuat Fuad hanya andalkan patron sosok Risma. Dimana Risma di PDIP merupakan orang yang cukup diperhitungkan. “Kalau soal elektabilitas, sepertinya masih kurang mengingat dia (Fuad) hanya baru-baru ini mewarnai di berbagai media,” pungkas peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)