5 Gunung di Sulut Jadi Lokasi Upacara HUT RI, 3 di Antaranya Masih Aktif

Senin, 17 Agustus 2020 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Gunung ini juga merupakan salah satu yang masih aktif. Gunung yang berada di kecamatan Tomohon, Kota Tomohon, Provinsi Sulut ini akan menjadi saksi sejarah pembentangan bendera merah putih dengan ukuran 1250 meter oleh TNI AU dan TNI AD.

Kegiatan Gebyar Merah Putih dalam rangka HUT ke 75 Republik Indonesia ini, sek 50 puluh personel pengawal bendera akan membentangkan bendera raksasa di puncak Gunung dengan ketinggian 1324 mdpl tersebut.

5. Gunung Soputan

Upacara bendera di Gunung Soputan Sulawesi Utara digagas oleh para pendaki yang tergabung dari Mapala, KPA dan Freelance. Setiap Pendaki yang akan mengikuti upacara wajib mentaati protokol kesehatan yang sudah disediakan oleh Panitia Pelaksana.

Ketua Kelompok Pencinta Alam Langowan (Kpalang) Andre Tiwa mengatakan Setiap pendaki wajib memakai masker selama melewati jalur pendakian termasuk menyediakan hand sanitizer lalu memiliki suhu badan 37°C dan tetap menjaga jarak.

Sebelum memasuki jalur Desa Pinabetengan, Kabupaten Minahasa telah ada pos penjagaan baik aparat desa maupun gabungan panitia pelaksana. Para peserta harus melakukan pengisian data pribadi kemudian menunjukan kelengkapan protokol kesehatan bila ditemukan peserta tidak memiliki kelengkapan protokol kesehatan maka tidak bisa melakukan pendakian.

“Kami juga mengimbau kepada peserta pendakian Gunung Soputan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan harus membawa turun kembali sampah-sampah tersebut," kata Andre.(Baca juga : Uang Rupiah Khusus HUT RI ke-75 Bikin Penasaran, Yuk Intip Wujudnya dari Masa ke Masa )

Gunung Soputan merupakan salah satu gunung di Sulut yang masih aktif. Gunung ini terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung dengan ketinggian 1.784 meter dari permukaan laut ini terakhir kali meletus pada 16 Desember 2018 dengan mengeluarkan kolom abu letusan tinggi dengan tinggi 7.500 meter di atas puncaknya.
(nun)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)