5 Gunung di Sulut Jadi Lokasi Upacara HUT RI, 3 di Antaranya Masih Aktif

Senin, 17 Agustus 2020 - 08:00 WIB
loading...
5 Gunung di Sulut Jadi Lokasi Upacara HUT RI, 3 di Antaranya Masih Aktif
Lima gunung di Sulut akan dijadikan lokasi upacara HUT RI. Tiga gunung di antaranya masih aktif . FOTO: IST
A A A
MANADO - HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) selalu diperingati dengan menggelar upacara bendera. Upacara bisa dilaksanakan dimana saja, baik di sekolah, dalam air bahkan di puncak gunung.

Seperti di Sulawesi Utara (Sulut). Dari informasi yang berhasil dirangkum, ada sekira lima gunung yang akan dijadikan lokasi upacara. Dari lima puncak gunung tersebut, tiga diantaranya merupakan gunung api yang masih aktif.( )

Berikut beberapa puncak gunung yang dijadikan lokasi upacara sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber :

1. Gunung Klabat

Gunung berketinggian 1.995 mdpl ini merupakan yang tertinggi di Sulut. Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, suatu organisasi massa nasional di bidang budaya, khususnya kesenian kolintang, akan melakukan pengibaran bendera Merah Putih sekaligus mengiringi lagu Indonesia Raya dari puncak Gunung Klabat, Kabupaten Minahasa Utara.

Ketua Tim Kolintang Fantastic Prima Vista, Stave Tuwaidan, mengatakan, timnya beranggotakan 20-an peserta akan melakukan pendakian sejak Jumat (16/8/2020) sore dan untuk pertama kalinya, kolintang akan berdentang di Puncak Klabat.

"Memainkan kolintang di detik-detik proklamasi di puncak Klabat sungguh sangat menantang. Salah satunya, kami harus membawa kolintang ke atas puncak tertinggi di Sulut. Semoga bisa mendapat MURI (Museum Rekor Indonesia),” kata Stave, Senin (17/8/2020).

Momen ini diharapkan Stave bisa memacu semangat kebangsaan khususnya anak muda dan semoga kita semua semakin mencintai budaya kita dimana kolintang adalah aset budaya Minut dan Sulut.

"Hal ini juga merupakan eksistensi budaya dalam pandemik Covid-19 ini. Kita tidak bisa kalah dengan situasi dan harus tetap kreatif," kata dia.

2. Gunung Manado Tua
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)