5 Gunung di Sulut Jadi Lokasi Upacara HUT RI, 3 di Antaranya Masih Aktif

Senin, 17 Agustus 2020 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk pertama kalinya akan menggelar upacara HUT ke 75 Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Manado Tua.

Pelaksanaan upacara di atas puncak gunung yang berketinggian 655 Mdpl ini menurut Walikota Manado G.S Vicky Lumentut menjadi titik balik perekonomian Kota Manado yang sempat tertahan akibat COVID-19. Sasaran pertama wali kota adalah sektor pariwisata. Ini jugalah yang menjadi alasan Lumentut menggelar upacara di Pulau Manado Tua yang punya kekayaan laut luar biasa.

“Ekonomi kita harus bangkit, selain sejumlah tempat usaha telah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pariwisata Kota Manado harus segera bangkit. Puncak Manado Tua akan menjadi saksi kebangkitaan kita di berbagai sektor di masa adaptasi kebiasaan baru ini," terang Lumentut.

“Pulau Manado Tua kita akan kembangkan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kota Manado bersama Pulau Bunaken yang telah mendunia,” tambahnya.

3. Gunung Lokon

Gunung dengan ketinggian 1.580 Mdpl ini merupakan salah satu gunung di Sulut yang masih aktif. pelaksanaan upacara bendera di puncak gunung yang berlokasi di Kota Tomohon ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Seven Summit of Tomohon atau Kebut Tujuh Gunung yang dimotori oleh FKPA Kota Tomohon dalam rangka menyemarakkan HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Bob Sumoked selaku konseptor, Seven Summit of Tomohon mengatakan selama ini wisata pendakian di Tomohon hanya terfokus pada dua gunung yaitu Lokon dan Mahawu padahal masih ada lima gunung lainnya yang tidak kalah menarik yang bisa didaki oleh siapa saja.

Pelaksanaan kegiatan dimulai Jumat 14 Agustus, pagi hari peserta diantar di pos start kemudian naik ke Gunung Lokon, setelah tiba langsung turun, ke Gunung Empung, dilanjutkan ke Gunung Mahawu kemudian ke Gunung Masarang. Setelah turun peserta nanti akan bermalam di Camping Ground Taman Wisata Alam Tomohon, dan pada hari Sabtu peserta akan menuju ke Gunung Wawo, Tampusu, Tolangkow dan finish di Alfa Omega.

Pada hari ada Minggu peserta akan menginap di camping ground di bawah kaki Gunung Empung untuk kemudian pada Senin 17 Agustus 2020 akan mengikuti upacara HUT Proklamasi RI ke-75 dan pengibaran 75 bendera merah putih di Gunung Lokon.

4. Gunung Mahawu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)