Bupati Jayapura Gelar Rapat Pembangunan Berbasis Distrik

Selasa, 18 September 2018 - 10:34 WIB
Bupati Jayapura Gelar Rapat Pembangunan Berbasis Distrik
Bupati Jayapura Gelar Rapat Pembangunan Berbasis Distrik
A A A
JAKARTA - Bupati Jayapura bersama jajarannya menggelar rapat pre launching program pembangunan berbasis distrik Kabupaten Jayapura di Kementerian PPN atau BAPPENAS, Jakarta, Senin, (17/9/2018).

Rapat tersebut juga dihadiri, Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Perdesaan, Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan, Direktur IPTEK, Direktur Aparatur Negara, dan Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan.
Kemudian dari Pemkab Jayapura hadir Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Sekretaris Daerah, Asisten Bupati, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas PU, Perwakilan DPRD, UP2D Kabupaten Jayapura.

Tujuan rapat untuk melakukan diseminasi awal tentang konsep dan skenario program pembangunan berbasis distrik Kabupaten Jayapura. Melakukan diskusi lebih lanjut untuk menyepakati berbagai dukungan yang bisa diberikan Kementerian PPN/Bappenas dan K/L teknis terkait lainnya terhadap Pemda Kabupaten Jayapura dalam mengimplementasikan Program Pembangunan Berbasis Distrik Kabupaten Jayapura.

Direktur DTTP Bappenas menyampaikan secara sekilas tentang skenario dan konsep Program Pembangunan Berbasis Distrik secara umum. Selanjutnya, Bupati Jayapura menyampaikan sekilas tentang Program Pembangunan Berbasis Distrik Kabupaten Jayapura sekaligus menyampaikan berbagai aspirasi kepada Kementerian PPN/Bappenas.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jayapura mengelar Sosialisasi Program Percepatan Pembangunan Distrik di Kabupaten Jayapura. Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan, Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan juga pemahaman kepada seluruh Kepala Distrik dan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam proses pembangunan berbasis distrik.

“Sehingga proses perencanaanya tentu akan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Dengan demikian distrik akan kami jadikan sebagai aspek perencanaan pelaksanaannya sampai dengan evaluasinya. Dengan harapan sosialisasi ini bisa memberikan suatu pemahaman-pemahaman baru bagi setiap kepala distrik dan Perangkat Daerah terkait untuk melakukan suatu perubahan,” tuturnya.

Program distrik kecamatan memiliki peran penting untuk membangun otonomi daerah. Sehingga dapat mewujudkan pelayanan prima terhadap administrasi kependudukan secara optimal dalam rangka mewujudkan pembangunan ekonomi masyarakat.
Percepatan pembangunan distrik diantarannya peningkatan pelayanan dasar, pemberdayaan maayarakat adat, pengembangan inovasi dan wirausaha, serta pengembangan ekonomi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5048 seconds (0.1#10.140)