Alhamdulillah, 5 Kelurahan di Surabaya Sudah Nol Kasus COVID-19

loading...
Alhamdulillah, 5 Kelurahan di Surabaya Sudah Nol Kasus COVID-19
Lima kelurahan di Kota Pahlawan berhasil mencapai nol kasus COVID-19. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
SURABAYA - Sebaran COVID-19 di Kota Pahlawan terus ditekan di tiap-tiap kampung. Tercatat, sampai hari ini sudah ada lima kelurahan di Kota Pahlawan berhasil mencapai nol kasus COVID-19.

(Baca juga: 'Rumah' Komodo di Cagar Alam Wae Wuul Labuan Bajo Terbakar Hebat)

Adanya tren kesembuhan yang massif menjadi modal penting di Surabaya untuk terus memutus sebaran COVID-19. Meskipun status zonanya menjadi oranye, penerapan protocol kesehatan secara ketat tetap dilaksanakan.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, jumlah kelurahan yang nol kasus saat ini sebanyak lima kelurahan meliputi Kelurahan Tambak Wedi, Kelurahan Krembangan Utara, Kelurahan Embong Kaliasin, Kelurahan Romokalisasi dan Kelurahan Genting Kalianak.



"Jadi, dari lima kelurahan itu punya cerita masing-masing hingga berhasil mencapai nol kasus," kata Feny, panggilan akrabnya ketika ditemui di Dapur Umum Balai Kota Surabaya, Jumat (14/8/2020).

(Baca juga: Tragis, Usai Hari Gajah Sedunia, Gajah Jinak di Aceh Tewas)

Ia melanjutkan, kisah lima kelurahan yang sudah nol kasus itu dimulai ketika Kelurahan Tambak Wedi yang semula ada 55 kasus, kemudian tercatat 51 kasus diantaranya dinyatakan sembuh dan empat kasus meninggal dunia. Berikutnya untuk Kelurahan Krembangan Utara, awalnya terdapat 44 kasus, dan setelah dirawat 36 orang sembuh, lalu delapan orang lainnya meninggal.



"Berikutnya Kelurahan Embong Kaliasin berjumlah 55 kasus, dan 51 kasus diantaranya sembuh dan empat lainnya meninggal. Selanjutnya khusus Kelurahan Romokalisari, awalnya ada lima kasus, dan empat kasus diantaranya berhasil sembuh dan satu orang tutup usia," jelasnya.

Feny menambahkan, kawasan terakhir adalah Kelurahan Genting Kalianak yang perkembangan kasusnya sangat menarik. Pasalnya, dari empat kasus yang terdapat di kelurahan tersebut, semuanya sembuh dan tidak ada yang meninggal. "Jadi, untuk Genting Kalianak ini angka kasusnya berhasil sembuh semuanya, alhamdhulillah," ucapnya.

(Baca juga: 3 Kendaraan Besar Tabrakan, 2 Orang Tewas di Cipularang)

Direktur RSUD dr Soewandhie ini juga menjelaskan, angka kesembuhan pasien secara kumulatif di Kota Surabaya mencapai 6.885 orang. Dari angka tersebut, khusus pasien yang sembuh dalam satu hari kemarin mencapai 175 orang. "Rinciannya, 49 orang dari rawat inap rumah sakit dan 126 pasien rawat jalan isolasi mandiri," jelas dia.

Tidak hanya itu, pasien dalam perawatan dan pantauan Dinkes berjumlah 2.418 kasus. Angka itu terdiri dari pasien rawat jalan 976 kasus, rawat inap rumah sakit 1.091 kasus, Hotel Asrama Haji 223 kasus. "Terakhir RS Lapangan berjumlah 128 kasus. Semoga tren kesembuhan ini terus meningkat," imbuhnya.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top