Cabai Makin Pedas! Harga Tembus Rp90 Ribu, Pedagang dan Pembeli di Cilacap Menjerit

Senin, 26 Februari 2024 - 08:26 WIB
loading...
Cabai Makin Pedas! Harga Tembus Rp90 Ribu, Pedagang dan Pembeli di Cilacap Menjerit
Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengalami kenaikan signifikan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
CILACAP - Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cilacap , Jawa Tengah, mengalami kenaikan signifikan. Kenaikan tertinggi terjadi pada cabai merah keriting yang mencapai Rp 90.000 per kilogram.

Sebelumnya, harga cabai merah keriting hanya Rp 70.000 per kilogram. Kenaikan harga ini dikeluhkan oleh para pembeli, seperti Uluniyah, yang mengaku terpaksa mengurangi pembelian cabai karena harganya yang mahal.

"Sekarang beli cabai sedikit saja, karena harganya mahal. Mau tidak mau, harus irit-irit," kata Uluniyah.

Selain cabai merah keriting, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan tinggi, mencapai Rp 72.000 per kilogram. Harga ini naik hampir 50 persen dari harga sebelumnya, yaitu Rp 40.000 per kilogram.



Kenaikan harga cabai ini terjadi sejak Pemilu 14 Februari lalu. Pedagang seperti Nurfitriana mengaku mengalami penurunan omzet akibat kenaikan harga ini.

"Pembeli banyak yang mengeluh karena harga cabai mahal. Omzet saya jadi turun," kata Nurfitriana.

Pedagang menduga kenaikan harga cabai ini dipicu oleh minimnya pasokan cabai dari para petani. Diperkirakan, harga cabai akan terus naik hingga menjelang bulan puasa.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)