10.000 Kamera Pengintai Awasi Pergerakan Warga Semarang

Kamis, 13 Agustus 2020 - 01:51 WIB
loading...
10.000 Kamera Pengintai Awasi Pergerakan Warga Semarang
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Foto/SINDOnews/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Sediktnya 10.000 closed circuit television (CCTV) dipasang di berabagi lokasi strategis di Kota Semarang, Jawa Tengah , untuk mengawasi pergerakan warga.

Bukan hanya untuk mencegah aksi kriminalitas, CCTV juga memantau jumlah kendaraan dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang. (BACA JUGA: Polisi Dalami Otak Penyerangan di Pasar Kliwon Solo )

“Mestinya tahun ini ada lagi 11.000 (CCTV). Kami berharap minimal ada tiga periode pembelian CCTV untuk masyarakat, yang akan kami gandeng dengan CCTV yang sudah dipasang oleh swasta. Sehingga kota ini memang benar-benar terpantau setiap jejak langkah masyarakat,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Rabu (12/8/2020).

Wali Kota mengemukakan, pemasangan kamera pengintai itu ditingkatkan dengan sistem analisa otomatis CCTV (analytics CCTC) yang ada di seluruh Kota Semarang. (BACA JUGA: Diduga Akibat Tabung Gas Bocor, Gudang Mebel di Jepara Ludes Terbakar )

Dengan fungsi analytics, CCTV tak sebatas merekam kondisi lingkungan dengan output video saja, melainkan memiliki kemampuan menganalisis secara otomatis terhadap setiap kejadian yang terekam. (BACA JUGA: Pria di Semarang Setubuhi Anak Tiri di Rumah Istri )

Dengan kemampuan analisa tersebut, CCTV di Kota Semarang dapat secara otomatis mendeteksi dan menentukan peristiwa temporal serta spasial.

Sistem juga dapat secara langsung menyimpulkan jumlah orang maupun kendaraan, keberadaan parkir liar, sampah, genangan air, dan berbagai hal lain.

Pada tahap awal, sistem CCTV analytics akan diterapkan pada 16 unit kamera pengawas yang berada di Simpang Lima, Kota Lama, wilayah Segitiga Emas, dan juga pada 300 unit CCTV di wilayah perkampungan yang memiliki potensi kerawanan tertentu.

Pemantauan analytics CCTV dilakukan di Situation Room kawasan Balai Kota Semarang. “Mengapa CCTV analitik ini menjadi suatu keharusan yang penting untuk perkembangan kota Semarang? Karena, inti dari Semarang Smart City adalah mendorong pemerintah mampu melayani masyarakatnya lebih cepat dan efisien," tutur Hendrar.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)