Diduga Dampak Proyek Kereta Cepat, Tol Padaleunyi Kebanjiran

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:00 WIB
loading...
Diduga Dampak Proyek Kereta Cepat, Tol Padaleunyi Kebanjiran
Akibat genangan air di ruas Km 130 Tol Padaleunyi, kendaraan yang mengarah ke Cileunyi hanya bisa menggunakan lajur 3. Foto/Jasa Marga
A A A
BANDUNG - Banjir menggenangi ruas Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), tepatnya Km 130, kawasan Pasirkoja, Kota Bandung , baik arah Jakarta maupun Cileunyi, Rabu (12/8/2020).

Genangan air di ruas Tol Padaleunyi itu diduga akibat imbas dari proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang saat ini sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap. (BACA JUGA: Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Sopir Elf Tewas Jadi Tersangka )

Sementara, beberapa saat sebelum banjir menggenangi Km 130 Tol Padaleunyi, hujan cukup deras mengguyur kawasan Kota Bandung dan sekitarnya hampir selama 1 jam.

Akibatnya, arus kendaraan baik yang mengarah ke Jakarta maupun Cileunyi terganggu. Sebab, akibat genangan air, dari total tiga lajur ke arah Cileunyi, hanya lajur tiga atau cepat yang dapat dilalui kendaraan besar seperti mini bus dan kendaraan non golongan 1 dengan genangan setinggi 50 sentimeter (cm).

Sedangkan bahu jalan, lajur satu dan dua, tidak dapat dilalui lantaran genangan air cukup tinggi. (BACA JUGA: Lagi, 8.652 Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih Pilkada Kabupaten Bandung )

Saat ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, tengah melakukan penanganan titik genangan air di Jalan Tol Padaleunyi Km 130 tersebut. (BACA JUGA: Soal Mobil Pajero Setengah Miliar, Ini Kata Eks Kalapas Sukamiskin )

"Tiga lajur ke arah Jakarta, baik bahu jalan dan lajur 1 sampai lajur 3, seluruhnya masih dapat dilalui oleh pengguna jalan semua golongan dengan genangan air setinggi 20 cm," kata Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya.

Dwimawan mengatakan, untuk penanganan genangan air tersebut, Jasa Marga berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam melakukan pengalihan lalu lintas.

Pengguna jalan yang menuju Cileunyi dialihkan keluar Gerbang Tol (GT) Pasteur. Selain itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan dengan memutarbalikkan kendaraan menuju arah Jakarta di Km 129+800 dan keluar di GT Pasteur.

"Bagi pengguna jalan yang akan menuju ke Cileunyi dapat masuk kembali di GT Pasirkoja untuk menghindari lokasi genangan," ujar Dwimawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)