Naik 5 Kali Lipat, Ratusan Warga Desa di Jombang Tolak Bayar PBB

Senin, 29 Januari 2024 - 22:21 WIB
loading...
Naik 5 Kali Lipat, Ratusan Warga Desa di Jombang Tolak Bayar PBB
Keputusan Pemkab Jombang menaikkan pajak bumi dan bangunan (PBB) menuai kemarahan dari warga. Foto/Mukhtar Bagus
A A A
JOMBANG - Keputusan Pemkab Jombang menaikkan pajak bumi dan bangunan (PBB) menuai kemarahan dari warga. Mereka menolak membayar pajak yang naik 5 kali lipat dan ramai-ramai mendatangi kantor desa untuk mengembalikan surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT).

Warga mengaku menolak dan keberatan dengan kenaikan pajak bumi dan bangunan (PBB) sekitar 2 hingga 5 kali lipat. Mereka memprotes kenaikan pajak yang mulai diberlakukan mulai tahun ini oleh Pemkab Jombang.

Tak hanya memprotes, warga juga menyatakan menolak membayar dan mengembalikan SPPT kepada perangkat desa. Erni Setiyaningsih, seorang warga mengaku keberatan pajaknya dinaikan dua kali lipat oleh Pemkab Jombang.



“Sebelumnya pajak (PBB) sudah naik dari Rp200.000 menjadi Rp300.000 sekian. Tahun ini pajaknya naik lagi menjadi Rp700.000 lebih,” kata Erni, Senin (29/1/2024).

Erni mengaku sangat keberatan dengan kenaikan tersebut dan meminta pemerintah mengembalikan seperti sebelumnya. Kepala Desa Kepatihan, Erwin Pribadi mengakui banyak warganya yang mengembalikan SPPT atau tagihan pajak PBB.
Naik 5 Kali Lipat, Ratusan Warga Desa di Jombang Tolak Bayar PBB


Erwin juga mengakui pemberlakukan pajak PBB oleh Pemkab Jombang tahun ini juga banyak kejanggalan. Sebagai contoh, rumah warganya yang berada di tepi jalan kota justru turun, tapi yang rumahnya masuk gang kecil malah naik ratusan persen.



Atas pengembalian SPPT yang dilakukan warganya, Erwin mengaku akan mengembalikan SPPT tersebut ke Kantor Bapenda Jombang agar segera dilakukan verifikasi ulang. Dia berharap Pemkab Jombang memahami keluhan warganya ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8085 seconds (0.1#10.140)