5 Daftar Raja Kerajaan Demak dari Awal hingga Keruntuhannya

Jum'at, 26 Januari 2024 - 08:43 WIB
loading...
A A A
Pati Unus meninggal dunia pada 1521. Setelah itu, posisinya sebagai Raja Demak digantikan Pangeran Trenggono.

3. Sultan Trenggono

Era kejayaan Kerajaan Demak terjadi pada masa pemerintahan Sultan Trenggono. Ia merupakan adik dari Pati Unus yang didaulat sebagai Raja Demak berikutnya.

Ada beberapa bukti masa kejayaan yang dibawa Sultan Trenggono untuk Demak. Salah satunya adalah perluasan wilayah yang dikuasai hingga mencakup seperti Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon.

Selain itu, Sultan Trenggono juga banyak berkontribusi bagi penyebaran Islam di Tanah Jawa. Ia wafat saat memimpin penyerbuan pasukan Demak ke Pasuruan pada 1546.

4. Sunan Prawoto

Sejak kehilangan Sultan Trenggono, Kerajaan Demak menjadi sedikit kacau karena terjadi perebutan kekuasaan. Pada akhirnya, Sunan Prawoto naik tahta untuk menjadi Raja Demak.

Masa pemerintahan Sunan Prawoto juga tidak terlalu lama. Hal ini terjadi karena pergolakan di internal Kerajaan Demak masih berlangsung.

Pada akhir hidupnya, Sunan Prawoto dibunuh. Pembunuhan ini konon melibatkan Adipati Arya Penangsang.

5. Arya Penangsang

Setelah Sunan Prawoto tewas, Kerajaan Demak jatuh ke tangan Arya Penangsang. Namun, ia juga tidak berkuasa dalam waktu lama.

Kendati dikenal sebagai sosok sakti mandraguna, Arya Penangsang berhasil dikalahkan oleh Sultan Hadiwijaya alias Jaka Tingkir. Selepas peristiwa ini, Hadiwijaya mendirikan Kerajaan Pajang dan menandai akhir dari Kerajaan Demak.

Demikianlah ulasan mengenai daftar raja Kerajaan Demak yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)