Gunung Ruang Erupsi, 9.083 Warga Pulau Tagulandang Dievakuasi

Jum'at, 03 Mei 2024 - 07:00 WIB
loading...
Gunung Ruang Erupsi, 9.083 Warga Pulau Tagulandang Dievakuasi
Proses evakuasi warga dari Pulau Tagulandang menggunakan KRI Kakap-881, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. FOTO/ TNI AL
A A A
SITARO - Sebanyak 9.083 warga mulai dievakuasi dari Pulau Tagulandang dalam radius 7 kilometer (km) dari pusat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Evakuasi ini anjuran dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto sudah 3.364 pengungsi yang dievakuasi keluar dari Pulau Tagulandang .Sementara itu masih ada 5.719 jiwa dalam proses evakuasi yang dilakukan secara bertahap.

Hal itu diungkapkan Suharyanto saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Erupsi Gunung Ruang di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kota Manado. ”Paling tidak ada sembilan ribu lebih warga dalam radius 7 kilometer diungsikan,” kata Suharyanto, Jumat (3/5/2024).



Adapun proses evakuasi warga ini dilakukan menggunakan beberapa armada kapal seperti KM Glory Mery, KRI Kakap-811, KM Marina Bay, KM Lohoraung, KPL Basarnas, KM Lokongbanua, KM Barcelona Lii dan KM Beacukai.



Proses evakuasi ini dilakukan secara bertahap sejak 30 April hingga 2 Mei 2024 dan diharapkan dapat selesai dalam waktu tiga hari kedepan. ”Mudah-mudahan dalam tiga hari ini proses evakuasi ini bisa selesai,” kata Suharyanto.

Lokasi pengungsian sementara bagi warga yang dievakuasi ini disiapkan pemerintah di beberapa titik: Sentra Tumou Tou Manado, Sentra di Paal 4 UPT Kemensos, Bapelkes Malalayang, BLK Bitung, Pulau Siau dan beberapa wilayah lain secara mandiri.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4913 seconds (0.1#10.140)