Hasil Autopsi Bocah 7 Tahun di Sukabumi Tewas saat Bermain, Ada Luka Leher dan Lubang Anus

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:03 WIB
loading...
Hasil Autopsi Bocah 7 Tahun di Sukabumi Tewas saat Bermain, Ada Luka Leher dan Lubang Anus
Dokter forensik RSUD R Syamsudin SH, Kota Sukabumi, dr Nurul Aida Fathia. Foto/Dharmawan Hadi
A A A
SUKABUMI - Pascaekshumasi bocah laki-laki berusia 7 tahun yang ditemukan tewas di terasering kebun milik warga setempat, dokter forensik ungkap penyebab kematian korban.

Berdasarkan hasil autopsi yang dilakukan tim forensik dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH, Kota Sukabumi, menemukan ada tanda kekerasan pada jasad korban. Tepatnya pada bagian leher yang diduga menjadi penyebab kematiannya.

Dokter forensik RSUD R Syamsudin SH, Kota Sukabumi, dr Nurul Aida Fathia mengatakan, luka yang terjadi di leher korban, cukup untuk menimbulkan kematian. Artinya jika ada kekerasan di leher tentunya bisa menghalangi jalan penapasan.



“Kalau menghalangi jalan napas, ya berarti kematiannya mengarah ke kekurangan oksigen atau mati lemas,” ujar dr Aida saat ditemui di Ruang Inslatasi Jenazah RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Rabu (1/5/2024).

Saat melakukan autopsi, lanjut dr Aida, tim forensik juga menemukan luka pada bagian lubang pelepas atau lubang anus. Hal tersebut diketahui berdasarkan pemeriksaan laboratorium dan hasil sampelnya yang dicurigai.

“Jadi, kalau untuk secara kasat mata itu, luka bagian lubang pelepas ini, hanya tampak pengelupasan kulit arinya aja, kaya luka lecet, tapi karena kondisinya sudah busuk jadi tidak terlalu jelas, kalau orang hidup ada darahnya segala macem,” ujar dr Aida.

Lebih lanjut dr Aida mengatakan, sample dari autopsi tersebut dikirim ke laboratorium dan hasilnya secara microscopis, terdapat tanda perlukaan. Terlebih, saat dilakukan ekshumasi kondisi jenazah korban sudah dalam keadaan membusuk, karena sudah satu pekan dimakamkan.



“Jadi waktu itu saya ambil sampelnya di bagian ototnya, ternyata memang itu benar perlukaan, jadi kalau di luar gak kelihatan. Kalau berapa kalinya luka itu gak tau, yang pasti kalau di leher itu memang ada tanda kekerasan,” ujar dr Aida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)