Saat Pekerja Pabrik Genteng Pamer Otot di Depan Juri Luar Negeri

Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:33 WIB
loading...
Saat Pekerja Pabrik Genteng Pamer Otot di Depan Juri Luar Negeri
Eka Rika dari Jebor Soya menunjukan piala juara. FOTO: SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Mengangkat belasan genteng bukan hal yang asing bagi para pekerja Jebor (Pabrik Genteng) di beberapa desa di Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini. Itu lantaran mereka memang 'dituntut' untuk siap mengangkut belasan genteng dalam satu kali angkut, agar proses produksi tetap berjalan.

Namun, Selasa (11/8/2020) malam ini, mereka melakukan aktivitas tak biasa. Meskipun sama-sama mengangkat beban berupa genteng, tetapi bukan agar proses produksi di Jebor tempatnya bekerja tetap berjalan.(Baca juga : Kasus COVID-19 Meningkat, Bupati Bakal Kembali Tutup Tempat Wisata )

Malam itu mereka melakukan aktivitas itu untuk suatu kejuaraan, Binaraga Jebor Jatiwangi Cup. Tidak hanya mengangkat beban saja. Dalam ajang yang dihelat di Jebor Hall, Jatiwangi art Factory (JaF) ini mereka juga memiliki kesempatan menunjukan bentuk tubuhnya, layaknya seorang binaragawan profesional, di hadapan para pengunjung dan dewan juri.

Tidak tanggung-tanggung, ada 10 dewan juri yang berasal dari berbagai negara, bukan hanya dari Indonesia saja. Para dewan juri itu di antaranya dari Denmark, Jepang, Afrika Selatan, Selandia Baru dan beberapa negara lainnya.(Baca juga : Di Tengah Pandemi, Binaraga Jebor Kembali Digelar )

Mereka, para dewan juri luar itu memang tidak hadir langsung di lokasi, melainkan memantaunya lewat medsos. Namun, ada juga dewan juri yang hadir langsung. "Mereka adalah para seniman, kurator, dan peneliti. Beberapa di antaranya pernah berkunjung ke sini (JaF)," kata panitia Binaraga Jebor, Grace Semboh.

Sementara, keluar sebagai juara Binaraga Jebor Jatiwangi Cup tahun ini adalah Eka Rika dari Jebor Soya, Desa Burujul Wetan. Bagi Eka, berhak atas hadiah berupa tropi dan uang sebesar Rp2.000.000

"Saya tiap tahun ikut, dan sekarang alhamdulillah juara. Tahun kemarin juara 3," kata Eka yang sudah bekerja di Jebor sekitar 20 tahun itu.(Baca juga : Lewat Surat Edaran, Bupati Majalengka Minta Objek Wisata Ditutup Lagi )

Sebagai catatan, Binaraga Jebor tahun ini masuk tahun ke enam. Sebelumnya, event ini digelar di Jebor. Namun tahun ini lantaran pandemi COVID 19, Binaraga Jebor Jatiwangi Cup digelar di dalam ruangan yakni Hall Jebor JaF.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)