400 Karyawan RSUD Cibabat di-Swab Test, Pelayanan Tutup

loading...
400 Karyawan RSUD Cibabat di-Swab Test, Pelayanan Tutup
Petugas sedang melakukan swab test kepada karyawan RSUD Cibabat, Kota Cimahi di hari pertama pelaksanaan yang dijadwalkan dilakukan kepada 400 orang, Selasa (11/8/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A+ A-
CIMAHI -
Swab test hari pertama mulai dilakukan di RSUD Cibabat, Kota Cimahi, yang rencananya dilakukan kepada seluruh karyawan yang berjumlah lebih dari 1.000 orang. Bersamaan dengan ini operasional pelayanan diseluruh bagian di rumah sakit pelat merah ini dihentikan sementara dan tidak menerima pasien rujukan atau rawat inap.

"Awalnya diketahui ada 12 pegawai di sini yang terkonfirmasi positif COVID-19. Makanya diputuskan digelar swab test ke semua karyawan dan dilakukan sampai Kamis (13/8/2020)," kata Plt Direktur Utama RSUD Cibabat Reri Marliah di sela pelaksanaan swab test, Selasa (11/8/2020). (Baca: Sembilan ASN di Pemkot Cimahi dan RSUD Cibabat Positif COVID-19)

Reri menjelaskan, tujuan dilaksanakan swab test kepada semua karyawan tanpa kecuali sebagai upaya dalam memetakan penyebaran kasus COVID-19. Hal ini juga untuk memberikan rasa aman dan jaminan kesehatan jika semua karyawan telah di-swab test. Sehingga langkah antisipasi ke depan yang bisa dilakukan agar tidak ada lagi karyawan yang terpapar bisa terukur.

Menurutnya, di RSUD Cibabat total terdapat 1.050 pegawai. Pada hari pertama pelaksanaan swab test ini dilakukan kepada 400 pegawai. Sedangkan sisanya bertahap dilakukan dalam dua hari ke depan. Nantinya spesimen dari pegawai rumah sakit yang telah dites akan dibawa ke laboratorium Politeknik Kesehatan Cimahi.

"Hasilnya sehari bisa diketahui dan diprioritaskan untuk RSUD Cibabat. Jadi seminggu ini bisa selesai dan diketahui," ucapnya. (Baca: Kasus COVID-19 di Cimahi Kebanyakan Impor Dibawa Pendatang)



Terkait penutupan pelayanan selama pelaksanaan swab test, itu semata-mata untuk keamanan semua pihak dan atas instruksi Wali Kota Cimahi. Sekaligus untuk upaya sterilisasi penyebaran COVID-19 di antara para pegawai.

Untuk pelayanan yang ditutup seperti rawat jalan, rawat inap, dan IGD bagi pasien baru. Dirinya berharap, seluruh pegawai memperoleh hasil swab test yang baik. "Semoga hasil tesnya baik (negatif), sehingga pelayanan di RSUD Cibabat dapat kembali normal," pungkasnya.

(don)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top