Kantongi SNI, UMKM Binaan Pusri Tembus Pasar Internasional

loading...
Kantongi SNI, UMKM Binaan Pusri Tembus Pasar Internasional
Kantongi SNI, UMKM Binaan Pusri Tembus Pasar Internasional. Foto/SINDOnews/Dede Feb
PALEMBANG - PT Pupuk Sriwidjaja Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) secara berkelanjutan melakukan program pembinaan terhadap mitra UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Manager Humas PT Pusri, Soerjo Hartono mengatakan, hingga tahun 2020, terdapat 322 UMKM mitra binaan Pusri yang tersebar di Sumsel, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung dan Kalimantan Barat.

"Di tahun 2020 ini, jumlah mitra binaan PT Pusri bertambah 13 UMKM," ujarnya kepada SINDOnews, Selasa (11/08/2020).

Menurutnya, pembinaan UMKM di PT Pusri Palembang merupakan program dari Departemen CSR seperti kegiatan pelatihan dan pembinaan UMKM dan juga Penyaluran Program Kemitraan.



"Pembinaan UMKM ini bentuknya yakni memberikan pendampingan dan pelatihan bagi mitra binaan dalam hal pengembangan usaha, aktif mengikutsertakan mitra dalam pameran yang bertujuan supaya mitra dapat mempromosikan produknya, serta mengadakan studi banding ke usaha lain yang sudah berkembang lebih dulu dan masih banyak lagi," jelasnya.

Soerjo melanjutkan, penyaluran program kemitraan yakni mengelola penyaluran atau peminjaman modal bagi UMKM dalam sektor perdagangan, jasa, pertanian, industri, peternakan, perikanan, dan perkebunan.

Salah satu bentuk pendampingan yang dilakukan Pusri adalah mendorong agar UMKM binaan dapat naik kelas melalui sertifikasi. Naik kelas disini diartikan mendorong mitra untuk mandiri dan semakin berkembang.



"Dengan sertifikasi yang dimiliki mitra binaan dapat bermanfaat seperti untuk peningkatan omset, meningkatnya pelanggan, pemanfaatan teknologi terbarukan, dan perluasan usaha sehingga dikenal secara nasional maupun internasional," katanya.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top