Merah Putih Raksasa akan Dikibarkan di Ketinggian 1.324 mdpl

Selasa, 11 Agustus 2020 - 08:34 WIB
loading...
Merah Putih Raksasa akan Dikibarkan di Ketinggian 1.324 mdpl
Rapat persiapan pengibaran bendera raksasa untuk memperingati HUT kemerdekaan RI.Foto/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado bersama Komando Resimen Induk Kodam XIII/ Merdeka (Rindam) bakal menciptakan sejarah di Gunung Mahawu, Kecamatan Tomohon, Kota Tomohon , Provinsi Sulawesi Utara pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Dalam rangka memeriahkan hari yang bersejarah bagi Republik Indonesia itu akan dilakukan pembentangan bendera merah putih dengan ukuran 1.250 meter di puncak gunung dengan ketinggian 1324 mdpl tersebut.

(Baca juga: Peringatan HKAN, 62 Karung Sampah Dikumpulkan Dari Pantai Bunaken )

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk, yang diwakili oleh Kapentak Lanud Sam Ratulangi (Lanudsri) Mayor Sus Michiko Moningkey mengatakan, pembentangan bendera akan dilakukan oleh 50 personel pengawal bendera.

"Kegiatan Gebyar Merah Putih dalam rangka HUT ke 75 Republik Indonesia ke-75 ini akan dilakukan oleh lima puluh personel pengawal bendera di Gunung Mahawu, kecamatan Tomohon," ujar Kapentak Lanud Sri Mayor Sus Michiko Moningkey usai mengikuti pertemuan di ruang rapat Yudha Markas Komando Resimen Induk Kodam XIII/ Merdeka (Rindam), Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa (11/08/2020).

Dalam rapat awal yang dipimpin langsung oleh Komandan Rindam XIII/ Merdeka Kolonel Inf Samuel Jefferson Aling itu dibahas pula tentang kegiatan Paragliding serta Hike and Fly Merah Putih.

(Baca juga: Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Sudah 24%, Desember Selesai )

Ketua Panitia Mayor Inf Torang Malau, yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Tim Pelatih Rindam XIII/ Merdeka mengatakan, pembentangan bendera dilaksanakan setelah sebanyak 35 pilot Paragliding Sulut dan nasional telah mendarat dengan aman di lapangan rumput hijau di dalam lingkungan area Markas Komando Rindam XIII/ Merdeka.

“Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-75... Indonesia maju!”. Seruan ini akan diucapkan secara serentak bersama-sama. Dengan tangan kanan mengepal di sebelah kanan kepala," jelas Ketua Panitia Mayor Inf Torang Malau.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini diselenggarakan dalam suasana keprihatinan nasional. Atas wabah Covid-19 yang melanda masyarakat dunia dan Indonesia pada khususnya.

Di lain pihak, suasana kesatuan dan persatuan serta semangat juang dan kebangsaan tetap harus dijaga. Tanpa mengabaikan kewaspadaan nasional. Terhadap masalah Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terus melanda negara kesatuan Republik Indonesia.

“Dalam rangka memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Memelihara semangat juang dan kebangsaan tersebut diatas, maka diselenggarakan kegiatan gebyar merah putih. Di wilayah Sulawesi Utara, khususnya wilayah Tomohon dan sekitarnya," pungkas Samuel Jefferson Alin
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)