Ratusan Rumah di Desa Raja Kalbar Terendam Banjir, Aktivitas Warga Lumpuh Total

Minggu, 07 Januari 2024 - 12:50 WIB
loading...
Ratusan Rumah di Desa Raja Kalbar Terendam Banjir, Aktivitas Warga Lumpuh Total
Ratusan rumah warga Dusun Raiy, Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalibar terendam banjir. Foto/Faisal Abubakar/MPI
A A A
LANDAK - Ratusan rumah warga Dusun Raiy, Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar) terendam banjir akibat tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir ini.

Kepala Dusun Raiy, Sarippudin mengatakan, banjir yang melanda wilayahnya merendam ratusan rumah yang dihuni lebih dari 200 Kepala Keluarga (KK). Bahkan aktivitas warga menjadi lumpuh total akibat banjir yang terjadi.

“Selain tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari belakangan ini, kiriman air dari hulu sungai Landak juga menjadi penyebab banjir tersebut terjadi," kata Saripuddin, Minggu (7/1/2024).

Saripuddin juga mengatakan bahwa, sejak air mulai naik kemarin, pihak-pihak terkait sudah meminta data jumlah rumah dan jumlah KK yang terdampak banjir. Saat ini, warga yang terdampak sibuk mengamankan harta benda masing-masing agar tidak mengalami kerusakan parah.



“Kami berharap, bantuan dapat segera datang, apapun bentuk dari bantuan yang diberikan, pasti akan kami terima, sebab warga yang terdampak banjir ini tidak bisa kemana-mana, sibuk mengamankan harta benda mereka yang terendam banjir," terang Saripuddin.

Lebih lanjut Sarippudin mengatakan, jika melihat situasi yang ada saat ini, kemungkinan besar debit air akan terus naik.

"Biasanya kalau sudah banjir, bisa 3 sampai 7 hari tergantung kiriman air dari hulu," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)