Sudirman Said Hapus Kartu Tani, Program Andalan Ganjar Pranowo

Jum'at, 23 Februari 2018 - 07:21 WIB
Sudirman Said Hapus Kartu Tani, Program Andalan Ganjar Pranowo
Sudirman Said Hapus Kartu Tani, Program Andalan Ganjar Pranowo
A A A
SEMARANG - Calon Gubernur Jateng Sudirman Said menegaskan akan menghapus program Kartu Tani yang selama ini menjadi andalan pesaingnya, Ganjar Pranowo. Dia menilai program tersebut merepotkan petani sehingga perlu disiapkan pengganti yang lebih baik.

"Kartu Tani akan diganti, dengan segala hormat dan rendah hati. Berdasarkan dari seluruh diskusi dengan petani, kiai, roahiawan, banyak keluhan akan Kartu Tani lebih merepotkan daripada membantu," ujar Sudirman, Kamis 22 Februari 2018.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu menyampaikan, program Kartu Tani bertujuan baik, namun dalam pelaksanaannya banyak ditemukan persoalan. Untuk itu, dia bersama pasangannya Cawagub Ida Fauziyah menyiapkan program pengganti, yakni Tani Mandiri.

"Saya mengerti itu (Kartu Tani) niatnya baik, tapi eksekusinya perlu perbaikan. Kita ganti dengan progran Petani Mandiri. Nanti kita memberi jaminan ketersediaan pupuk dan bibit. Bantuan keuangan pada masa tanam, serta stabilitas harga dengan regulasi," jelasnya.

Program tersebut merupakan salah satu dari 22 Janji kerja Sudirman-Ida jika terpilih pada Pilgub Jateng 2018. Selain itu, mereka juga akan memangkas angka kemiskinan dari 12,23% menjadi 6%.

"Kami akan merevisi total konsep Kartu Tani agar masyarakat petani tidak trauma lagi, sehingga akan dilakukan program Petani Mandiri. Teknologinya kita cari yang petani bersahabat, jadi kalau belum siap menerapkan transaksi tanpa cash ya kita cari jalan. Solusi itu selalu ada,” tukasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)