Pelaku UMKM Salatiga Curhat Kesulitan Modal pada Ida Fauziyah

Selasa, 20 Februari 2018 - 12:03 WIB
Pelaku UMKM Salatiga Curhat Kesulitan Modal pada Ida Fauziyah
Pelaku UMKM Salatiga Curhat Kesulitan Modal pada Ida Fauziyah
A A A
SALATIGA - Sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kelurahan Tingkir Lor, Kota Salatiga, berharap pemimpin Jateng nanti memberi kemudahan untuk memperoleh modal. Sebab, modal merupakan hal vital untuk menggerakkan roda usaha.

Hal itu mereka sampaikan saat menerima silaturahmi Cawagub Jateng Ida Fauziyah di sentra UMKM Desa Wisata Tingkir Lor. Mereka berharap, jika Ida terpilih pada Pilgub 2018, bersama Sudirman Said, memberi perhatian besar pada UMKM.

Selama ini, warga di Tingkir Lor, memproduksi kain perca yang dibuat menjadi gamis hingga seprei. Produk mereka sudah merambah ke sejumlah daerah di luar Jawa.

"Tentu kita ingin Bu Ida menjadikan pemerintah provinsi semakin baik, dan benar-benar amanah. Jika pemerintah semakin mempermudah modal pinjaman, atau malah berupa bantuan, tentu kita sangat terbantu," ujar salah satu pelaku UMKM, Masudah Kholil, Selasa (20/2/2018) .

Cawagub Ida Fauziyah menegaskan, bersama Sudirman Said berkomitmen untuk menyusun APBD yang pro-perempuan dan wong cilik. "Tentu keberadaan usaha-usaha seperti ini harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah," katanya.

Menurut mantan Ketua Umum Fatayat ini, UMKM bisa menekan angka kemiskinan. Apalagi, saat ini angka kemiskinan di Jateng termasuk sangat tinggi.

"Perempuan-perempuan bisa berperan mengurangi angka kemiskinan ini. Dengan usaha di rumah sendiri, tentu bisa mendapat hasil lebih, dan tetap bisa mengurus keluarganya," kata mantan Ketua Umum Fatayat ini.

Sejauh ini, kata dia, tenaga kerja wanita (TKW) di Jateng juga cukup tinggi. Hal ini tak lepas dari minimnya lapangan kerja di daerah asal. "Jadi mereka harus kerja di luar negeri. Imbasnya juga bisa pada keluarga, karena jarak yang jauh dan waktu kerja yang lama," beber Ketua Lembaga Ketahanan Keluarga (LKK) PBNU ini.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)