Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto Terima Gelar Adat Suku Tolaki

Kamis, 21 Desember 2023 - 14:11 WIB
loading...
A A A
"Budaya dan prinsip hidup masyarakat Tolaki masih sesuai untuk diterapkan sebagai pedoman dalam menjalani dinamika kehidupan sosial masyarakat. Saya percaya nilai-nilai kearifan suku Tolaki dapat menjadi sumber inspirasi, energi positif sekaligus potensi kekuatan untuk membangun Sultra tercinta," jelasnya.

Andap juga berpesan dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kebanggaan atas asal suku jangan sampai membuat terjebak dalam politik identitas.

"Saya sangat paham dan mengerti tentang keanekaragaman masyarakat di Sultra, untuk itu Saya menghimbau agar terus jalin silaturahim melalui simpul-simpul adat guna terwujudnya masyarakat Sultra yang aman dan damai," pesan Pj Gubernur.

Pada kegiatan tersebut, Pj Gubernur juga menyalurkan bantuan program pemerintah kepada masyarakat Konawe yakni :

- Bantuan Dana Hibah Rumah Ibadah sebesar Rp363.625.000,- untuk 5 Masjid, 4 Pura, dan 1 Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT);
- Bantuan Mesin Peralatan Kewirausahaan untuk 54 kelompok UMKM sebesar Rp250.000.000,- berupa alat cuci motor, perbengkelan, pandai besi, olahan pangan industri roti dan kue, kompor hock, dan mesin depot air minum;
- Bantuan bagi 4 Kelompok Tani sebesar Rp.127.500.000,- berupa pupuk organik, herbisida, insektisida, dan bibit jagung;
- Dana stimulus bagi 50 pelaku UMKM sebesar Rp.100.000.000,- ;
- Dana pendidikan bagi 12 mahasiswa asal Konawe yang kuliah di Universitas Halu Oleo (UHO) dan IAIN Kendari sebesar Rp.90.000.000,- ;
- Penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai legalisasi usaha, diterbitkan Dinas Koperasi UMKM melalui Klinik Yanlik kepada 15 pelaku UMKM;

"Saya sampaikan bahwa semua program pemerintah ini dibiayai dari pajak rakyat. Sudah jadi kewajiban kita menjadi pelayan masyarakat, menyalurkan kembali pajak rakyat melalui program-program, khususnya untuk memenuhi 5 bidang kesejahteraan rakyat sebagai amanat konstitusi UUD NRI 1945," ucap Andap.

Pada acara tersebut juga telah dilaksanakan pelantikan DPD LAT Konawe, pengukuhan Lukman Abunawas sebagai Raja Konawe, dan penerimaan secara adat Pj Bupati Konawe.

Turut hadir pada acara dimaksud yakni Forkopimda Tingkat 1 Sultra, Ketua DPP beserta seluruh perangkat LAT, Raja Sultan se-Nusantara, Mokole se-Sultra, Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Pj Bupati Konawe, Kepala Perangkat Daerah Pemprov Sultra, Forkopimda Kabupaten Konawe, tokoh adat, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita, dan tokoh Pemuda se-Kabupaten Konawe.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0963 seconds (0.1#10.140)