Anak-anak Lega, PDPM Asahan Siapkan Ruang Belajar dan Wifi Gratis

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 16:16 WIB
loading...
Anak-anak Lega, PDPM Asahan Siapkan Ruang Belajar dan Wifi Gratis
Anak-anak Lega, PDPM Asahan Siapkan Ruang Belajar dan Wifi Gratis. Foto/SINDOnews/Ismanto Pan
A A A
ASAHAN - Efri Al Azri akhirnya bernapas lega. Pelajar kelas XI jurusan Teknik Komputer Jaringan, SMK Muhammadiyah X Kisaran ini bisa kembali belajar setelah sempat terhambat akibat pandemi COVID-19.

Tepatnya, ketika sekolah menerapkan pembelajaran melalui sistem online (daring). Kini, putera keempat dari lima bersaudara pasangan suami isteri Ferdy Koto-Salmah ini bisa menikmati akses internet secara gratis. Yakni fasilitas yang disediakan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Asahan.

"Alhamdulillah. Akhirnya bisa belajar lagi," kata Efri, saat ditemui SINDOnews.com, di Kantor Sekretariat PDPM Asahan, di jalan Diponegoro, Kisaran, Jumat (7/8/2020).

Sebelumnya, kata Efri, ia mengaku kesulitan atas sistem pembelajaran yang diterapkan sekolah. Sebab, ia tak punya handphone ataupun laptop.

Ia harus bergantian gawai dengan adik dan kakaknya supaya bisa belajar. Terkadang, mereka tidak bisa mengikuti pelajaran yang dibagikan pihak sekolah melalui Whatsapp karena kehabisan kuota paket data.

Sementara, orangtuanya yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang jahit tak cukup mampu membiayai pembelian paket data secara terus-menerus.

"Paling bisa, cuma beli paket data 1 giga (byte). Yang Rp7 ribu, untuk 3 hari. Tapi, sering juga nggak ada paket, karena nggak ada uang," katanya.

Efri tidak sendiri. Ada belasan pelajar lainnya yang hampir bernasib serupa. Rizwan Ferdiansyah misalnya.

Ia rela bersepeda dari rumahnya di Dusun III Desa Sei Kamah I, Kecamatan Sei Dadap dengan jarak tempuh sekitar 14 km. Yang ingin memanfaatkan fasilitas yang disediakan PDPM Asahan itu.

Menurut putera sulung dari 3 bersaudara ini, fasilitas yang diberikan cukup membantu. Tidak hanya soal akses internet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)