1 Anggota DPRD Kendal Positif COVID-19, Dinkes Gelar Tes Swab Massal

loading...
1 Anggota DPRD Kendal Positif COVID-19, Dinkes Gelar Tes Swab Massal
Dinkes Kendal menggelar tes swab massal di DPRD Kendal setelah salah seorang legislator terkonfirmasi positif terpapar COVID-19. Foto/INEWSTv/Eddie Prayitno
KENDAL - Satu anggota DPRD Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang berdomisili di Kaliwungu terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil swab Puskesmas Kaliwungu pada Kamis (6/8/2020) malam.

Untuk mengantisipasi munculnya klaster baru penyebaran COVID-19 di gedung dewan, seluruh anggota DPRD dan Sekretariat Dewan menjalani tes swab, Jumat (7/8/2020). (BACA JUGA:Pandemi COVID-19, Peringatan Hari Jadi Pati Digelar Sederhana)

Anggota dewan yang tidak hadir juga akan diswab di kediaman rumahnya masing-masing oleh petugas puskesmas terdekat. Tes swab ini dilakukan menjelang rapat paripurna. Seluruh anggota DPRD Kabupaten Kendal menjalani pemeriksaan yang dilaksanakan oleh petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal. (BACA JUGA:Tolak Pemakaman Jenazah COVID-19, ASN Divonis 3 Bulan Penjara)

"Langkah tes swab massal ini dilakukan untuk mengetahui penyebaran virus di gedung dewan. Tidak hanya anggota DPRD Kendal, tes swab juga dilakukan terhadap pegawai di Sekretariat DPRD," kata Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay. (BACA JUGA:1 Pedagang Buah Positif COVID-19, Pasar Kendal Permai Baru Ditutup)



Ferinando mengemukakan, saat ini satu anggota DPRD Kendal yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil swab, telah menjalani perawatan di rumah sakit.

"Belum diketahui anggota dewan ini terpapar COVID-19, apakah dari kegiatan sehari-hari di gedung dewan ataukan dari klaster lain. Melihat domisili di wilayah Kaliwungu, kemungkinan yang bersangkutan terpapar dari lingkungan setempat," ujar Ferinando.

Sebab, tutur Kadinkes, jumlah angka positif COVID-19 di Kaliwungi terbanyak di Kabupaten Kendal. Bahkan setiap hari ada warga Kecamatan Kaliwungu yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Untuk anggota dprd yang tidak hadir, tetap akan dilakukan pemeriksaan swab yang dilakukan petugas puskesmas terdekat. Ada anggota DPRD yang tidak hadir karena sakit dan berhalangan namun tetap akan diperiksa swab untuk mencegah penyebaran COVID-19," tutur Kadinkes Kendal.
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top