RSUD Indramayu Siagakan Ruangan Khusus Caleg Depresi

Kamis, 23 November 2023 - 15:05 WIB
loading...
RSUD Indramayu Siagakan Ruangan Khusus Caleg Depresi
RSUD Indramayu menyiapkan ruang khusus bagi caleg yang gagal. Foto/MPI/Andrian Supendi
A A A
INDRAMAYU - Jelang Pemilu 2024, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu menyiapkan ruang khusus bagi caleg yang gagal. Penyiapan ruangan tersebut untuk mengantisipasi caleg yang stres hingga depresi setelah gagal dalam pemilu.

Humas RSUD Indramayu Tarmudi mengatakan, biasanya terjadi peningkatan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mulai dari gejala ringan hingga berat setelah pemilu usai.

”Ketika hasil tidak sesuai dengan harapan Caleg, seperti tidak terpilih, sementara mereka sudah berjuang biaya dan pikiran, sehingga Caleg tersebut menjadi stres atau depresi. Kami siap melayani mereka, sehingga mereka bisa terobati,” kata Tarmudi, Kamis (23/11/2023).



Tarmudi menyampaikan, pihak RSUD Indramayu sendiri telah menyiapkan Dokter Spesialis jiwa dan perawat yang sudah terlatih. Selain itu, ruangan khusus bagi pasien ODGJ, mulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat jalan, hingga ruangan perawatan juga sudah disiapkan.

”Untuk ruangan Poli kami menerima pasien yang akan rawat jalan. Sementara untuk IGD juga kami sudah mempunyai fasilitas khusus, yaitu IGD Jiwa. Lalu yang perawatan kami punya ruangan Malgova dengan kapasitas tempat tidur 17 sampai 20 orang,” ungkapnya.



Pada Pemilu 2024 mendatang, akan ada peningkatan ODGJ di Indramayu. Mengingat, pada pemilu saat ini KPU Indramayu telah merilis, terdapat 589 daftar calon tetap (DCT) untuk DPRD Indramayu. Angka tersebut meningkat dibandingkan 2019 yang berjumlah 565 caleg.

“Prediksi akan ada caleg yang depresi, karena mereka-mereka telah berjuang dengan pengorbanan tenaga, biaya, dan waktu. Sementara hasil tidak sesuai yang diharapkan, pastilah akan mengalami gangguan jiwa, baik ringan hingga berat,”terang dia.

Tarmudi menyarankan, kepada caleg jika telah mengalami gejala stres, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan perawatan.

”Sebaiknya setelah mengalami gangguan susah tidur, pikiran gak tenang, segera konsultasikan, agar tidak terjadi gangguan jiwa berat,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)