Aksi Sosial Petebu Dukung Ganjar Lampung Bangun Lapangan Olahraga di Karang Endah

Rabu, 22 November 2023 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Relawan Ganjar Pranowo Adakan Pelatihan UMKM di Banyuasin

Peran relawan Ganjar Pranowo dalam membantu masyarakat serta mensosialiasikan segala program Ganjar-Mahfud terus dilakukan di Indonesia. Bantuan tersebut dinilai sangat membantu masyarakat setempat.

Salah satunya relawan Calon Presiden Ganjar Pranowo yang tergabung melalui organisasi Wong Kito Dewe Ganjar menginisiasi pelatihan UMKM pembuatan ikan lele asap bagi warga Desa Tanjung Tiga, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal, terutama di kalangan nelayan yang merupakan mayoritas penduduk di desa tersebut.

Koordinator Wong Kito Dewe Banyuasin, Indra Kasuma, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan yang dilakukan oleh relawan Ganjar Pranowo ini adalah untuk meningkatkan UMKM dan memberikan peluang usaha bagi masyarakat, terutama yang berprofesi sebagai nelayan.

Dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, para nelayan dapat memperoleh pendapatan tambahan melalui pengolahan ikan lele menjadi ikan lele asap.

”Tujuan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan UMKM kita sendiri untuk menjadi peluang usaha di masyarakat Desa Tanjung Tiga, mayoritasnya nelayan, jadi untuk meningkatkan perekonomiannya,” kata Korda Wong Kito Dewe Banyuasin, Indra Kasuma.

Indra Kasuma selaku relawan Ganjar Pranowo itu juga menjelaskan bahwa ikan lele asap memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan ikan lele segar. Takaran satu kilogram ikan lele asap setara dengan empat kilogram ikan lele segar.

Harga jual ikan lele segar sekitar Rp25.000 per kilogram, sementara harga jual ikan lele asap dapat mencapai hingga Rp250.000 per kilogram.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat lokal dapat meningkatkan keterampilan dalam pengolahan ikan lele asap dan mengembangkan potensi ekonomi mereka. Indra berharap bahwa pelatihan ini akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)